KAJIAN EDIBLE COATING PATI JAGUNG (Zea mays L.) DENGAN PENAMBAHAN SARI LENGKUAS MERAH (Alpinia purpurata) TERHADAP MUTU BUAH TOMAT

Putri, Indra Yanti (2023) KAJIAN EDIBLE COATING PATI JAGUNG (Zea mays L.) DENGAN PENAMBAHAN SARI LENGKUAS MERAH (Alpinia purpurata) TERHADAP MUTU BUAH TOMAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover + Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (394kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (403kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
organized(1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Buah tomat (Lycopersicum M.) termasuk jenis tanaman yang umum ditemui di Sumatera Barat. Tomat adalah buah yang sangat rentan terhadap kerusakan pascapanen. Kerusakan yang dapat terjadi berupa kerusakan fisik, kimia dan mikrobiologis. Salah satu alternatif yang dapat mempertahankan mutu tomat yaitu pemberian edible coating. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh variasi konsentrasi lengkuas merah terhadap mutu buah tomat serta mengetahui perlakuan terbaik dari pati jagung yang ditambahkan dengan sari lengkuas merah pada buah tomat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen RAL (Rancangan Acak Lengkap) 1 faktorial yaitu konsentrasi penambahan sari lengkuas merah 7%, 9%, dan 11%. Berdasarkan penelitian, konsentrasi penambahan sari lengkuas merah 11% merupakan perlakuan konsentrasi terbaik karena mampu mempertahankan mutu buah tomat berdasarkan parameter: kadar air dengan umur simpan selama 27 hari sebesar 91,75%; perubahan bobot dengan umur simpan 27 hari sebesar 9,73%, uji pH dengan umur simpan selama 27 hari sebesar 3,70, total padatan terlarut dengan umur simpan 27 hari sebesar 3,63°Brix, kekerasan dengan umur simpan selama 27 hari sebesar 13,29 N/cm2 dan uji mikroba dengan umur simpan selama 24 hari sebesar 1,4 x 105 koloni.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Dinah Cherie, S.TP, M.Si
Uncontrolled Keywords: Buah Tomat, Edible Coating, Pati Jagung, Lengkuas Merah
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username tekpertanian
Date Deposited: 05 Jan 2024 04:48
Last Modified: 05 Jan 2024 04:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460796

Actions (login required)

View Item View Item