Ridho Alifra, Donsky (2023) Komunikasi Pariwisata Dalam Pengembangan Desa Wisata Pentagen Sebagai Pariwisata Berbasis Masyarakat. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover & Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (563kB) |
|
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version Download (316kB) |
|
Text (Bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version Download (293kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (311kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Perubahan paradigma pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Kerinci dari sentralistik menjadi partisipatif melalui kemunculan pariwisata berkonsep desa wisata. Keberadaan desa wisata di Kabupaten Kerinci saat ini banyak yang tak terkelola secara maksimal. Namun, hal tersebut tidak terjadi pada Desa Wisata Pentagen yang mampu menangkap peluang atas potensi yang dimilikinya dengan dukungan dan partisipasi penuh dari masyarakat lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi kelompok pariwisata dan kolaborasi multi stakeholder dalam pengembangan Desa Wisata Pentagen. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan paradigma konstruktivisme. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi serta dianalisis menggunakan metode Miles dan Huberman. Penelitian ini menggunakan teori kelompok terpercaya dan model penta helix. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi kelompok dilakukan oleh Pokdarwis Pertiwi berjalan pada kelompok kecil (micro group) dengan bentuk komunikasi kelompok preskriptif. Komunikasi kelompok terfokus dalam lingkup kegiatan eksternal melalui aktivitas peningkatan kapasitas masyarakat, pemetaan potensi masyarakat, hingga evaluasi program. Adapun keberhasilan komunikasi kelompok didukung oleh pola komunikasi dan gaya kepemimpinan yang efektif. Hasil temuan penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat kolaborasi dari lima elemen stakeholder dalam pengembangan Desa Wisata Pentagen yang terdiri dari Bisnis, Pemerintah, Komunitas, Akademisi, dan Media. Setiap stakeholder memiliki kontribusi dan keterlibatan berbeda yang dapat menentukan tingkat hubungan kerja sama yang terbagi ke dalam beberapa tingkatan yaitu collaborating, cooperating, coordinating dan networking.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Sarmiati, M.Si. Revi Marta, M.I.Kom |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 08:50 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 08:37 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460663 |
Actions (login required)
View Item |