PENGARUH PENINGKATAN BUAH MENGKUDU DALAM KOMPOSISI BAHAN BAKU EKSTRAK “CINNAMONONI“ TERHADAP BOBOT HIDUP, PERSENTASE LEMAK ABDOMEN DAN PERSENTASE KARKAS BROILER

Wulan, Permata Sari (2023) PENGARUH PENINGKATAN BUAH MENGKUDU DALAM KOMPOSISI BAHAN BAKU EKSTRAK “CINNAMONONI“ TERHADAP BOBOT HIDUP, PERSENTASE LEMAK ABDOMEN DAN PERSENTASE KARKAS BROILER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak_WULAN PERMATA SARI (1910611060).pdf - Published Version

Download (344kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan_Wulan Permata Sari (1910611060).pdf

Download (300kB)
[img] Text (BAB V Kesimpulan)
BAB V Kesimpulan_Wulan Permata Sari.pdf

Download (206kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_Wulan Permata Sari.pdf

Download (332kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peningkatan buah mengkudu sampai 6 bagian dalam komposisi bahan baku ekstrak cinnamononi terhadap bobot hidup, persentase lemak abdomen dan persentase karkas broiler dibandingkan dengan pemberian ransum komersial. Penelitian ini menggunakan 100 ekor ayam broiler yang dipelihara selama 5 minggu dan perlakuan mulai diberikan pada umur 22 hari selama 2 minggu. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan yang diberikan: P1= Ransum komersial tanpa pemberian ekstrak cinnamononi, P2= Ransum basal dengan ekstrak cinnamononi komposisi 1:2:2, P3= Ransum basal dengan ekstrak cinnamononi komposisi 1:2:4, P4= Ransum basal dengan ekstrak cinnamononi komposisi 1:2:6. Ransum basal yang dimaksud ialah ransum yang disusun sendiri sesuai kebutuhan ayam broiler periode grower. Ekstrak cinnamononi diberikan pada ayam dengan dosis 250 mg/kg BB pada air minum terbatas setelah ayam dipuasakan selama 90 menit. Parameter yang diamati adalah bobot hidup, persentase lemak abdomen dan persentase karkas. Hasil penelitian memberikan pengaruh yang berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap bobot hidup dan berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap persentase lemak abdomen, namun tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap persentase karkas ayam broiler. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu peningkatan penggunaan buah mengkudu sampai dengan 6 bagian dalam komposisi bahan baku ekstrak cinnamononi dapat menyamai bobot hidup dan persentase karkas broiler yang diberikan ransum komersial. Namun, lebih baik dalam menurunkan persentase lemak abdomen dibandingkan dengan broiler yang diberikan ransum komersial. Pada penelitian ini secara ekonomis diperoleh komposisi ekstrak yang terbaik yaitu 1:2:4 dengan bobot hidup 1847,40 g/ekor, persentase lemak abdomen 1,30 % dan persentase karkas 73,31%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Ahadiyah Yuniza, MS.
Uncontrolled Keywords: Daun Kayu Manis, Ekstrak, Karakteristik Karkas, Mengkudu, Ransum Komersial
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 02 Jan 2024 07:40
Last Modified: 02 Jan 2024 07:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460574

Actions (login required)

View Item View Item