Gabriel, Septian Hendra (2023) KORELASI HASIL UJI TAHAP BERSAMA NASIONAL DENGAN NILAI MULTIPLE CHOICE QUESTION BLOK PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (168kB) |
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (50kB) |
|
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version Download (65kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (130kB) |
|
Text
Skripsi Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) bekerja sama dengan Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) menyelenggarakan Uji Tahap Bersama (UTB) sebagai bentuk penilaian formatif untuk menjaga kualitas mahasiswa kedokteran di Indonesia. Fakultas Kedokteran Universitas Andalas menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) dalam penyelenggaran sistem pendidikan dengan penilaian sumatif berupa ujian Multiple Choice Question (MCQ) berbasis komputer. Penilaian formatif dan sumatif merupakan bentuk assessment untuk menilai sejauh mana peserta didik memahami materi pembelajaran yang telah diberikan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian analitik menggunakan desain cross-sectional. Sampel yang terlibat berjumlah 174 mahasiswa kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas angkatan 2017 dan 2018 yang telah mengikuti seluruh blok yang ada selama fase pre-klinik (kecuali blok elektif) serta telah mengikuti Uji Tahap Bersama I dan II di periode masing-masing. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Instrumen penelitian menggunakan data sekunder berupa hasil Uji Tahap Bersama I dan II dan hasil MCQ blok sebelum remedial yang didapatkan dari Departemen Pendidikan Kedokteran. Data dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan dari empat analisis korelasi yang dilakukan, yaitu hasil UTB I dengan rata-rata nilai MCQ blok semester 1 s.d 4 dan hasil UTB II dengan rata-rata nilai MCQ blok semester 1 s.d 7 pada masing-masing angkatan, semuanya menunjukkan korelasi yang bermakna dengan rincian satu berkorelasi sedang, dua berkorelasi kuat, dan satu berkorelasi sangat kuat. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi bermakna antara Hasil UTB dan rata-rata nilai ujian MCQ blok pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | dr. Yulistini, M.Med.Ed |
Uncontrolled Keywords: | Uji Tahap Bersama, Multiple Choice Questions, Problem Based Learning, Pendidikan Kedokteran |
Subjects: | R Medicine > RZ Other systems of medicine |
Divisions: | Fakultas Kedokteran |
Depositing User: | S1 Pendidikan Kedokteran |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 08:31 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 08:31 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460531 |
Actions (login required)
View Item |