AUTOBASE TWITTER SEBAGAI KOMUNITAS VIRTUAL (Studi Etnografi Virtual Pada Fandom Seventeen di Akun @caratstalk)

Fayra, Asteriena Fazly (2023) AUTOBASE TWITTER SEBAGAI KOMUNITAS VIRTUAL (Studi Etnografi Virtual Pada Fandom Seventeen di Akun @caratstalk). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1 Fayra.pdf - Published Version

Download (607kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB 5 Fayra.pdf - Published Version

Download (432kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Fayra.pdf - Published Version

Download (472kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FAYRA full upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Di kalangan fandom K-Pop, kehadiran autobase yang bersifat anonim dan otomatis, menggantikan peran fanbase konvensional, dimana informasi tidak lagi diproduksi oleh admin saja, namun semua pengguna juga dapat memproduksi dan berinteraksi dengan informasi secara bebas. Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis bagaimana autobase bertransformasi menjadi sebuah komunitas virtual. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi virtual, serta berfokus pada akun autobase @caratstalk yang digunakan oleh para penggemar grup Seventeen. Adapun paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivisme. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa autobase telah melebihi fungsi awalnya sebagai platform berbagi informasi, namun juga telah berkembang menjadi sebuah komunitas virtual dimana terjadi pertukaran nilai-nilai dan rasa keterikatan, serta memunculkan sense of community di antara para penggemar Seventeen, walaupun autobase ini memiliki sifat anonimitas yang holistik atau menyeluruh di semua tatanannya. Komunitas virtual ini memunculkan budaya penggemar yang tergambar dalam empat dimensi yaitu 1) aspek komunikasi, yang dilihat dari penggunaan menfess serta berkembangnya fanspeak, 2) aspek kreativitas yang memunculkan budaya mengoleksi dan mendorong aktivitas jual beli, 3) aspek pengetahuan dan 4) aspek kekuatan sipil, yang tergambar dari upaya para penggemar dalam mengedukasi dan memberdayakan sesama anggota fandom, serta terbentuknya budaya partisipasi dalam mewujudkan citra fandom Carat sebagai fandom terdamai. Kata Kunci: Autobase Twitter, Fandom, Komunitas Virtual

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sarmiati, S.Sos, M.Si
Uncontrolled Keywords: Autobase Twitter, Fandom, Komunitas Virtual
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 29 Dec 2023 07:24
Last Modified: 08 Jan 2024 05:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460482

Actions (login required)

View Item View Item