KOMUNIKASI INTERPERSONAL PEMBINA DAN MAHASISWA (Studi Deskriptif Penyesuaian Diri Mahasiswa Tahun Pertama di Asrama Universitas Andalas)

Ayu, Levinasari (2023) KOMUNIKASI INTERPERSONAL PEMBINA DAN MAHASISWA (Studi Deskriptif Penyesuaian Diri Mahasiswa Tahun Pertama di Asrama Universitas Andalas). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (148kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi Interpersonal sangat berpengaruh dalam proses penyesuaian diri. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki proses penyesuaian diri mahasiswa dalam berinteraksi dan komunikasi interpersonal antara pembina dan mahasiswa dalam konteks penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama di asrama Universitas Andalas. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara dan observasi dengan 5 mahasiswa tahun pertama yang tinggal di asrama universitas dan 3 pembina asrama yang bertanggung jawab atas mereka. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa komunikasi interpersonal antara pembina dan mahasiswa memiliki dampak pada proses penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama di asrama. Komunikasi interpersonal yang ideal dan efektif dari pembina memainkan peran penting dalam membantu mahasiswa mengatasi kebutuhan, harapan serta keinginan mereka untuk adaptasi dan berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari, tantangan sosial, akademik, dan pribadi yang mereka hadapi. Pembina juga berfungsi sebagai sumber dukungan yang penting bagi mahasiswa dalam mengarahkan kehidupan di kampus. Selain itu, penelitian ini mengidentifikasi bahwa mahasiswa yang aktif berpartisipasi dalam komunikasi interpersonal dengan pembina cenderung memiliki penyesuaian diri yang lebih baik. Mahasiswa merasa lebih nyaman dalam berbicara tentang masalah mereka, meminta saran, dan mengatasi stres akademik atau sosial. Hasil penelitian ini memberikan penjelasan dalam proses penyesuaian diri tahun pertama. Menyoroti bagaimana mahasiswa mengalami masalah dan kasus saat menyesuaikan diri di asrama. Hal ini, terjadi karena tidak terpenuhinya kebutuhan, keinginan dan harapan mahasiswa dan pentingnya komunikasi interpersonal yang efektif antara pembina dan mahasiswa yang dapat meningkatkan upaya membantu mahasiswa tahun pertama mengatasi tantangan awal mereka beradaptasi dan mencapai kesuksesan akademik dan sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sarmiati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Mahasiswa Asrama, Pembina, Penyesuaian Diri
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 29 Dec 2023 07:40
Last Modified: 29 Dec 2023 07:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460454

Actions (login required)

View Item View Item