Hubungan Pengetahuan Gizi, Sikap, Paparan Media Sosial, dan Peran Teman Sebaya terhadap Perilaku Pemilihan Jajanan pada Remaja di SMAN 10 Padang

Muthia Cahyani, Putri (2023) Hubungan Pengetahuan Gizi, Sikap, Paparan Media Sosial, dan Peran Teman Sebaya terhadap Perilaku Pemilihan Jajanan pada Remaja di SMAN 10 Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text ((Cover dan Abstrak))
(Cover dan Abstrak).pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text ((BAB 1 Pendahuluan))
(BAB 1 Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (BAB 6 Penutup/Kesimpulan)
(Bab 6 Penutup).pdf - Published Version

Download (53kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (145kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT_MUTHIA CAHYANI PUTRI_1911222006)
SKRIPSI FULL TEXT_MUTHIA CAHYANI PUTRI_1911222006.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Remaja merupakan kelompok usia yang rentan mengalami perubahan perilaku seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Salah satu bentuk perubahan perilaku yang terjadi pada remaja adalah perubahan perilaku dalam memilih jajanan yang mengarah pada perilaku yang tidak baik. Pengetahuan gizi, sikap, paparan media sosial, dan peran teman sebaya merupakan faktor yang dapat mempengaruhi perilaku pemilihan jajanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan gizi, sikap, paparan media sosial, dan peran teman sebaya dengan perilaku pemilihan jajanan pada remaja di SMAN 10 Padang. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Sampel penelitian ini adalah 195 remaja SMAN 10 Padang kelas X dan XI usia 16-18 tahun yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan wawancara dan pengisian kuesioner. Data dianalisis secara univariat dan bivariat. Analisis bivariat menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan 62,6% responden memiliki pengetahuan gizi kurang, 60% responden memiliki sikap positif, 85,1% responden memiliki tindakan kurang, 89,7% responden terpapar media sosial, 57,4% responden memiliki peran teman sebaya tinggi, dan 59% responden memiliki perilaku pemilihan jajanan yang baik. Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahun gizi (p-value=0,001), sikap (p-value=0,001), dan peran teman sebaya (p-value=0,018) dengan perilaku pemilihan jajanan. Tidak terdapat hubungan paparan media sosial dengan perilaku pemilihan jajanan (p-value=0,703). Pengetahuan, sikap, dan peran teman sebaya memiliki hubungan yang signifikan dengan perilaku pemilihan jajanan. Paparan media sosial tidak berhubungan dengan perilaku pemilihan jajanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Azrimaidaliza, SKM, MKM
Uncontrolled Keywords: Media sosial, pemilihan jajanan, pengetahuan gizi, peran teman sebaya, sikap
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 02 Jan 2024 02:13
Last Modified: 02 Jan 2024 02:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460078

Actions (login required)

View Item View Item