HUBUNGAN KADAR ALBUMIN DENGAN SINDROM FRAILTY PADA ORANG LANJUT USIA DI PUSKESMAS PADANG KANDIS KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Muhammad, Hamda (2023) HUBUNGAN KADAR ALBUMIN DENGAN SINDROM FRAILTY PADA ORANG LANJUT USIA DI PUSKESMAS PADANG KANDIS KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (273kB)
[img] Text (Bab 7 Penutup)
Bab 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (380kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Sindrom frailty merupakan sindrom geriatri yang ditandai dengan berkurangnya kemampuan fisik dan adaptasi yang disebabkan oleh menurunnya sistem tubuh dan meningkatnya kerentanan terhadap berbagai stressor sehingga menurunkan kinerja fisik seseorang. Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap timbulnya sindrom frailty adalah kadar albumin yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kadar albumin dengan sindrom frailty pada orang lanjut usia di Puskesmas Padang Kandis Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain penelitian cross sectional yang mengkaji tentang hubungan kadar albumin dengan sindrom frailty pada orang lanjut usia di Puskesmas Padang Kandis Kabupaten Lima Puluh Kota. Sampel penelitian ini sebanyak 30 orang lansia yang memenuhi kriteri inklusi dan ekslusi. Kejadian sindrom frailty diukur dengan menggunakan kuesioner RAPUH, sedangkan kadar albumin diukur dengan sfektofotometri. Analisis data menggunakan Fisher Exact Test. Hasil penelitian diperoleh terdapat 10 (33,3%) orang lansia yang mengalami hipoalbuminemia dan 7 (23,3%) orang lansia yang mengalami sindrom frailty. Hasil uji Fisher Exact Test memperoleh nilai signifikan sebesar 0,001 (p value <0,05) yang bermakna terdapat hubungan yang signifikan antara kadar albumin dengan sindrom frailty pada orang lanjut usia di Puskesmas Padang Kandis Kabupaten Lima Puluh Kota. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan kadar albumin dengan sindrom frailty pada orang lanjut usia di Puskesmas Padang Kandis Kabupaten Lima Puluh Kota.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Dwi Yulia, Sp.PK
Uncontrolled Keywords: Kadar Albumin, Lansia, Sindrom Frailty
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Profesi Dokter
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 28 Dec 2023 04:55
Last Modified: 28 Dec 2023 04:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/459858

Actions (login required)

View Item View Item