Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dengan Komitmen Organisasional sebagai Mediasi pada Perawat RSUD Sungai Dareh

Ridha, Tiara (2023) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dengan Komitmen Organisasional sebagai Mediasi pada Perawat RSUD Sungai Dareh. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (987kB)
[img] Text (Bab I (Pendahuluan))
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (373kB)
[img] Text (Bab V (Penutup))
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (361kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (462kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior(OCB) dengan Komitmen Organisasional sebagai mediasi. Objek penelitian adalah perawat tetap atau Pegawai Negeri Sipil RSUD Sungai Dareh. Perawat dengan sampel sebanyak 82 responden yang dipilih berdasarkan metode purposive sampling dan teknik non probability. Analisis data menggunakan program SmartPLS 4.0 dan dibantu dengan microsoft excel dalam pengolahan data. Teknik pengujian data uji measurement model (uji validitas dan reliabilitas) serta menggunakan uji mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap OCB, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB, komitmen organisasioanl berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB, kepemimpinan transformasional berpenagruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap OCB dengan komitmen organisasiobnal sebagai mediasi dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB dengan komitmen organisasioanl memediasi secara partial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Harif Amali Rivai, SE, M.Si
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja, komitmen organisasional, organizational citizenship behavior(ocb)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: S1 Manajemen Fakultas Ekonomi
Date Deposited: 19 Dec 2023 03:39
Last Modified: 19 Dec 2023 03:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/459740

Actions (login required)

View Item View Item