PENGARUH PENINGKATAN PENGGUNAAN BUAH MENGKUDU DALAM KOMPOSISI EKSTRAK “CINNAMONONI” TERHADAP KADAR KOLESTEROL DAN LEMAK DAGING SERTA KADAR KOLESTEROL DARAH BROILER

Agnes, Gebria Rizky (2023) PENGARUH PENINGKATAN PENGGUNAAN BUAH MENGKUDU DALAM KOMPOSISI EKSTRAK “CINNAMONONI” TERHADAP KADAR KOLESTEROL DAN LEMAK DAGING SERTA KADAR KOLESTEROL DARAH BROILER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (69kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN (AGNES GEBRIA RIZKY).pdf - Published Version

Download (50kB)
[img] Text (Bab Akhir)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN (AGNES GEBRIA RIZKY).pdf - Published Version

Download (19kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA (AGNES GEBRIA RIZKY).pdf - Published Version

Download (64kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL AGNES GEBRIA RIZKY PETERNAKAN with logo.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peningkatan penggunaan buah mengkudu dalam bahan baku ekstrak cinnamononi (hasil ekstraksi campuran daun kayu manis, daun dan buah mengkudu) melalui air minum terhadap kadar kolesterol dan lemak daging, serta kolesterol darah broiler. Penelitian dilakukan selama 2 minggu dengan menggunakan 100 ekor broiler strain MB 202, dengan rataan BB awal perlakuan 750,83 ± 29,49 g. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap, dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan pada penelitian adalah P1: Ransum komersial tanpa pemberian EC, P2: Ransum basal + 250 mg EC komposisi 1:2:2 (daun kayu manis:daun mengkudu:buah mengkudu), P3: Ransum basal + 250 mg EC komposisi 1:2:4, dan P4: Ransum basal + 250 mg EC komposisi 1:2:6. Peubah yang diamati adalah kadar kolesterol dan lemak daging, serta kolesterol darah broiler. Hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa pemberian ekstrak cinnamononi dalam air minum memberikan pengaruh nyata (P<0,05) terhadap kadar kolesterol daging dan sangat nyata (P<0,01) terhadap kadar lemak daging, tetapi ada kecenderungan (P<0,10) menurunkan kolesterol darah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan penggunaan buah mengkudu dalam komposisi bahan baku ekstrak cinnamononi dapat menurunkan kadar kolesterol dan lemak daging, serta memiliki kecenderungan untuk menurunkan kolesterol darah pada broiler. Hasil terbaik diperoleh pada penggunaan buah mengkudu sampai dengan 57% dalam komposisi bahan baku ekstrak cinnamononi. Kata kunci: daun kayu manis, ekstrak, kolesterol, lemak, mengkudu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Ahadiyah Yuniza, MS.
Uncontrolled Keywords: daun kayu manis, ekstrak, kolesterol, lemak, mengkudu.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 08 Dec 2023 03:17
Last Modified: 08 Dec 2023 03:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/459569

Actions (login required)

View Item View Item