Sri, Lestari Nengsih (2023) KOMUNIKASIPERSUASIF BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT UNTUK MEMBAYAR ZAKAT MAL. Masters thesis, unand.
Text (COVER)
COVER DAN ABSTRAK SRI LESTARI NENGSIH.pdf - Published Version Download (223kB) |
|
Text (PENUTUP)
PENUTUP SRI LESTARI.pdf - Published Version Download (230kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1 SRI LESTARI NENGSIH.pdf - Published Version Download (295kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA SRI LESTARI NENGSIH.pdf - Published Version Download (262kB) |
|
Text (FULL)
KOMUNIKASIPERSUASIF BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL SRI LESTRAI NENGSIH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
KabupatenDharmasrayamemilikipotensipengumpulan zakat yang cukupbesar, namundilihatdarijumlahpenerimaan zakat, zakatmal yang dihimpun oleh BAZNAS KabupatenDharmasrayabelummencapaijumlah yang ditargetkanpertahunnya. Berbagai upayasudahdilakukanuntukmeningkatkanminat masyarakat untukmembayar zakat mal.Penelitianinibertujuanuntukmenganalisiskomunikasipersuasif yang dilakukan BAZNAS KabupatenDharmasrayadalammeningkatkanminat masyarakat untukmembayarzakat mal di KabupatenDharmasraya dan menganalisishambatan BAZNAS dalammelakukankomunikasipersuasif. Penelitianinimenggunakanmetodekualitatif, paradigmakonstruktivismedenganpendekatanstudikasus. Informanditentukandenganteknikpurposive sampling,penelitiandilakukandenganwawancaramendalam, observasi dan dokumentasi. Datadianalisismenggunakananalisis dataMiles dan Huberman melalui prosesreduksi data, penyajian data dan penarikankesimpulan.Data divalidasimenggunakantriangulasisumber, teori yang digunakanadalah Teori KemungkinanElaborasi (Elaboration Likelihood Theory) Richard E. Petty dan John T. Cacioppo. Hasil Penelitianmenunjukkanbahwa proses komunikasipersuasif yang dilakukanpihak BAZNAS untukmeningkatkanminat masyarakat agar membayar zakat maldiKabupatenDharmasrayadenganmelakukankomunikasisecaralangsungkepada masyarakat melaluikegiatansilaturahmi dan audiensi, konsultasi zakat dan pendistribusian zakat oleh amil zakat, kegiatansosialisasi oleh narasumber zakat, kegiatanpengajian dan layananjemput zakat oleh da’izakat. Selain itu, BAZNAS KabupatenDharmasraya juga menyampaikanpesanpersuasifdengankomunikasisecaratidaklangsungmelaluibrosurserta media sosialfacebook dan instagram. Namundalampelaksanaannya BAZNAS mengalamihambatansepertihambatan pada sumber dan hambatan pada salurankomunikasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Ernita Arif, M.Si |
Subjects: | J Political Science > J General legislative and executive papers |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s2 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 09:20 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 09:20 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/459431 |
Actions (login required)
View Item |