ANALISIS PENGARUH KEPEMILIKAN KELUARGA, COORPORATE SOCIAL RESPONSBILITY (CSR), DAN PERAN TAX EXPERT TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK

Riedy, Riandani (2023) ANALISIS PENGARUH KEPEMILIKAN KELUARGA, COORPORATE SOCIAL RESPONSBILITY (CSR), DAN PERAN TAX EXPERT TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (48kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (137kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (46kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] Text (Tesis_Riedy Riandani)
Tesis_Riedy Riandani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penghindaran pajak didefinisikan sebagai penghematan pajak yang timbul dengan memanfaatkan ketentuan perpajakan yang dilakukan secara legal untuk meminimalkan pembayaran pajak. Ketertarikan terhadap tax avoidance perusahaan telah meningkat akhir-akhir ini dikarenakan perkembangan ekonomi dan politik saat ini yang meningkatkan kesadaran akan aktivitas pajak perusahaan (Hanlon & Heitzman,2010; Wilde & Wilson, 2018) dan Saat ini, praktik mengurangi pembayaran pajak merupakan hal yang umum dilakukan di berbagai perusahaan di seluruh dunia menurut kanagaretnam, Lee, Lim, & Lobo (2016). Desain penelitian ini menggunakan desain kuantitatif. Desain ini digunakan untuk mengetahui hubungan masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen, yaitu penghindaran pajak perusahaan manufaktur pada periode 2018-2022. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat bantu software SPSS Statistics 22. Hasil yang diperoleh Kepemilikan keluarga (X1) dan Tax expert (X2) tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak, sementara Coorporate social responsbility (X3) berpengaruh terhadap Penghindaran Pajak (Y). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap praktik penghindaran pajak, sumbangan pemikiran bagi masyarakat dan sebagai bahan referensi bagi pihak-pihak yang akan melakukan penelitian lebih lanjut mengenai masalah perapajakan khususnya mengenai penghindaran pajak.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Fauzan Misra,SE, M.Sc.,Ak.,CA.,BKP
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Tax Avoidance, Kepemilikan Keluarga, CSR, dan Penghindaran Pajak.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 24 Nov 2023 07:13
Last Modified: 08 Dec 2023 07:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/459314

Actions (login required)

View Item View Item