Pengaruh Penambahan Sari Jeruk Siam (Citrus nobilis) Terhadap Karakteristik Minuman Fungsional Sari Wheat grass (Triticum aestivium)

Shahnaz, Khairiah Dalimunthe (2023) Pengaruh Penambahan Sari Jeruk Siam (Citrus nobilis) Terhadap Karakteristik Minuman Fungsional Sari Wheat grass (Triticum aestivium). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1_Cover_Shahnaz Khairiah.pdf - Published Version

Download (195kB)
[img] Text (Latar Belakang)
2_Bab 1_Shahnaz Khairiah.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text (Kesimpulan dan Saran)
3_Bab V_Shahnaz Khairiah.pdf - Published Version

Download (89kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4_Daftar Pustaka_Shahnaz Khairiah.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text (Skripsi full text)
5_Full Skripsi_Shahnaz Khairiah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan sari jeruk siam terhadap karakteristik minuman fungsional sari wheat grass dan mengetahui konsentrasi penambahan sari jeruk siam terbaik yang dapat digunakan dalam pembuatan minuman fungsional sari wheat grass. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah penambahan jus jeruk siam dengan konsentrasi 0%; 10%; 15%; 20%; dan 25%. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik menggunakan ANOVA (Analysis of Variance) dan apabila berbeda nyata maka analisis data dilanjutkan dengan uji DNMRT (Duncan’s New Multiple Range Test) pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan sari jeruk siam pada minuman fungsional sari rumput gandum memberikan pengaruh nyata terhadap analisis pH, aktivitas antioksidan, vitamin C, total polifenol, dan organoleptik (warna dan rasa). Namun penambahan perasan jeruk siam tidak memberikan pengaruh nyata terhadap analisis organoleptik aroma. Perlakuan terbaik adalah perlakuan E (penambahan sari jeruk siam 25 ml) dengan nilai rata-rata hasil analisis yaitu pH (4,36), aktivitas antioksidan (59,01%), vitamin C (15,37 mg/100g), total polifenol (1,67 mg). GAE/g), dan angka lempeng total (1,5 x 103), dan nilai rata-rata penilaian organoleptik minuman fungsional untuk parameter warna 4,08 (suka), aroma 4,12 (suka), dan rasa 4,08 (suka).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Fauzan Azima, MS Prof. Dr. Ir. Kesuma Sayuti, MS
Uncontrolled Keywords: Minuman fungsional, sari jeruk siam, sari wheat grass
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 24 Nov 2023 06:46
Last Modified: 24 Nov 2023 06:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/459306

Actions (login required)

View Item View Item