STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA INDUSTRI KECIL JAMUR TIRAM KETI TABIANG MANDIRI DI KELURAHAN LIMAU MANIS KECAMATAN PAUH KOTA PADANG

Atikah, Atikah (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA INDUSTRI KECIL JAMUR TIRAM KETI TABIANG MANDIRI DI KELURAHAN LIMAU MANIS KECAMATAN PAUH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (65kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (50kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (121kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI UPLOAD ATIKAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan proses komunikasi pemasaran pada industri kecil KETI Tabiang Mandiri (2) Merumuskan strategi komunikasi pemasaran bagi industri kecil KETI Tabiang Mandiri. Penelitian ini difokuskan pada usaha olahan jamur tiram KETI Tabiang Mandiri di Kelurahan Limau Manis, Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, menggunakan analisis data kualitatif Miles dan Huberman, serta analisis SWOT untuk perumusan strategi komunikasi pemasaran. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran KETI Tabiang Mandiri dikategorikan sebagai komunikasi transaksional. Proses komunikasi pemasaran dimulai dari pengirim (Source), yaitu KETI Tabiang Mandiri, menyampaikan pesan (message) produk olahan jamur tiram kepada calon konsumen (receiver). Pesan disampaikan melalui berbagai media (channel) seperti spanduk, label produk, word of mouth, dan sales promotion. Selanjutnya calon konsumen memberikan respon (feedback) berupa tindakan akhir yakni tindakan untuk membeli atau tidak. Berdasarkan hasil perumusan, teridentifikasi 7 strategi komunikasi pemasaran yang dapat direkomendasikan yaitu (1)Pelaku industri kecil KETI Tabiang Mandiri harus terus menciptakan inovasi terhadap produk olahan jamur tiram yang mereka usahakan (2)Meningkatkan kualitas SDM dalam menyampaikan informasi produk kepada calon konsumen melalui pelatihan�pelatihan terkait (3)Menciptakan pesan yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen agar membeli produk yang diusahakan (4)Memberikan inovasi dalam proses penyampaian pesan (5)Memanfaatkan media digital yang sesuai untuk memasarkan produk dan untuk memperluas jangkauan informasi (6)Memberikan pesan edukasi kepada konsumen tentang manfaat jamur tiram bagi kesehatan dan kandungan nutrisi dalam jamur tiram (7)Membangun citra positif di mata konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yenny Oktavia, S.Pi., M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Industri, Jamur tiram
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:55
Last Modified: 23 Nov 2023 06:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458935

Actions (login required)

View Item View Item