Efektivitas Iklan Animasi Gopay "Jaminan Saldo Kembali dari Gopay" Melalui Media Sosial Youtube

Mela, Maharani Fitri (2023) Efektivitas Iklan Animasi Gopay "Jaminan Saldo Kembali dari Gopay" Melalui Media Sosial Youtube. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text
BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (826kB)
[img] Text
BAB 5 Penutup.pdf

Download (492kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (415kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text_Mela Maharani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Iklan animasi merupakan salah satu gaya eksekusi periklanan yang dapat dilakukan oleh perusahaan dengan tujuan agar produk, barang, atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan dapat dikenal masayarakat luas dan menarik audiens untuk menggunakan produk yang ditawarkan. Salah satu perusahaan yang menggunakan iklan animasi di Youtube adalah Gopay Indonesia. Salah satu iklan animasi Gopay yaitu berjudul “Jaminan Saldo Kembali dari Gopay”. Untuk mencapai tujuan iklan secara optimal, perusahaan perlu mengukur efektivitas iklan. Efekektivitas iklan dapat diukur melalui Model AIDA (Attention, Interest, Desire, dan Action). Penelitian ini memiliki tujuan mengukur efektivitas iklan animasi Gopay “Jaminan Saldo Kembali dari Gopay”. Jenis penelitian ini adalah penelitian gabungan (mix method) kuantitatif kualitatif dengan bentuk eksplanatoris sekuensial. Penelitian ini menggunakan metode survei pada penonton iklan sebanyak 96 responden dan wawancara dengan beberapa kriteria sebanyak 5 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling pada metode kuantitatif dan proposive sampling pada metode kualitatif. Untuk mengukur efektivitas iklan, penelitian ini menggunakan analisis dengan menghitung nilai rata-rata dengan mengaitkan model AIDA. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa iklan animasi “Jaminan Saldo Kembali dari Gopay” efektif setelah dilakukan analisis kuantitatif dengan nilai tertinggi yaitu attention senilai 91,7%, interest 85,1%, desire 77,3%, dan action 72,4%. Nilai keseluruhan AIDA sebanyak 81,6%. Perhitungan kuantitatif menggunakan model AIDA, iklan memang dapat mencapai tahap action dengan baik. Namun, hasil kualitatif menunjukkan bahwa iklan memang dapat menarik perhatian, tapi belum tentu mampu membuat audiens melakukan tindakan penggunaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vitania Yulia, M.A
Uncontrolled Keywords: Iklan Animasi, Efektivitas Iklan, Model AIDA
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 23 Nov 2023 09:50
Last Modified: 23 Nov 2023 09:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458878

Actions (login required)

View Item View Item