Peran Customer Service atau Jasa Pelayanan Dalam Aktivitas Operasional Bank Pada Bank Nagari Cabang Pembantu Ulak Karang

Dinda, Tri Damayanti (2019) Peran Customer Service atau Jasa Pelayanan Dalam Aktivitas Operasional Bank Pada Bank Nagari Cabang Pembantu Ulak Karang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dinda.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA(1).pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
TA FULL Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (995kB)

Abstract

Perbankan sangat berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara. Hampir semua sektor usaha, yang meliputi sektor industri, perdagangan, pertanian, perkebunan, jasa dan perumahan sangat membutuhkan bank sebagai mitra dalam melakukan transaksi keuangan. Semua sektor usaha maupun individu saat ini dan masa yang akan datang tidak akan lepas dari sektor perbankan bahkan menjadi kebutuhan dalam menjalankan aktivitas keuangan dalam mendukung kelancaran usaha. Peran bank bagi masyarakat individumaupun masyarakat bisnis bahkan bagi suatu negara sangat penting karena bank sebagai suatu lembaga yang sangatberpengaruhdalamperekonomiansuatunegara. Bank mempunyai tiga fungsi utama, yaitu sebagai penghimpun dana dari masyarakat, penyalur dana kepada masyarakat dan juga memberikan pelayanan jasa perbankan kepada pihak-pihak yang membutuhkan layanan jasa bank. Bank merupakan badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya ke masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat. Bank mnghimpun dana masyarakat dengan tujuan bank dapat mendorong peningkatan taraf hidup rakyat banyak. Dengan menyalurkan dana tersebut kepada masyarakat yang membutuhkan melalui pemberian kredit, maka secara tidak langsung akan memberikanpengaruhpositifbagibankdanpeningkatanekonomimasyarakat. 2 Kemudian, Bank sebagai lembaga pelayanan jasa keuangan senantiasa menjaga kepercayaan dan menjaga citra positif di mata masyarakat. Oleh sebab itu, Bank perlu menyiapkan karyawan yang mampu menangani keinginan, kebutuhan, dan permasalahan dari nasabahnya. Karyawan yang diharapkan mampu menjalankan tugas tersebut adalah Customer Service. Customer Service dituntut untuk selalu berhubungan dengan nasabah dan menjaga hubungan itu tetap baik. Hal ini tentu saja harus dilakukan karena menjaga hubungan yang baik dengan nasabah juga berartimenjagaimagebankagarcitrabankdapatterusmeningkatdimatanasabah. Customer Service adalah setiap kegiatan yang diperuntukan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada nasabah melalui pelayanan yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan nasabah (Kasmir, 2004 : 202). Customer Service tentu mempunyai fungsi dan tugas yang harus dilaksanakannya. Secara umum, fungsi dan tugasnya, antara lain sebagai Resepsionis, Deskman, Salesman, Customer Relation Officer dan Komunikator. Semua itu harus dilaksanakan secara selaras dan seimbang demi tercapainya pelayanan prima untuk kepuasan nasabah. Customer Service juga berperan penting dalam proses pra transaksi, saat transaksi dan pasca transaksi. Oleh karena itu, Customer Service dituntut harus memiliki kemampuan melayani nasabah secara tepat dan cepat serta memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik didukung dengan tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung kecepatan, ketepatan, dan keakuratan pekerjaannya sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi kepuasan nasabah. Peranan Customer Servicedisinidapatdisebutsebagaiunitfrontlinerbankyangsangatpenting, 3 yaitu sebagai pelaksana proses awal kegiatan bank yang berhubungan langsung dengan nasabah. Dimana secara garis besar tugas dari Customer Service meliputi pemberianinformasisertapelayanankhususnyapadaprodukdanadiBank.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: LAKSMIDEWI,SE,M.Si
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Keuangam
Depositing User: d3 keuangan perbankan
Date Deposited: 24 May 2019 15:09
Last Modified: 24 May 2019 15:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45872

Actions (login required)

View Item View Item