Pengaruh Lama Fermentasi dari Campuran Kulit Pisang Batu (Musa brachyarpa) dan Azolla microphylla dengan Probio 7 terhadap Kandungan Bahan Kering, Protein Kasar dan Retensi Nitrogen

Adania Azzikra, Adania (2023) Pengaruh Lama Fermentasi dari Campuran Kulit Pisang Batu (Musa brachyarpa) dan Azolla microphylla dengan Probio 7 terhadap Kandungan Bahan Kering, Protein Kasar dan Retensi Nitrogen. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Text (Bab 1 (Pendahuluan))
Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text (Bab Akhir (Kesimpulan))
Bab Akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (388kB)
[img] Text (Tugas Akhir Karya Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Karya Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan lama fermentasi yang efisien dan mempelajari pengaruh lama fermentasi dari campuran kulit pisang batu (Musa brachyarpa) dan Azolla microphylla dengan Probio-7 terhadap kandungan bahan kering, protein kasar dan retensi nitrogen. Substrat yang digunakan adalah campuran dari 40% kulit pisang batu, 40% Azolla microphylla dan 20% dedak. Pengukuran retensi nitrogen menggunakan 22 ekor ayam (20 ekor untuk perlakuan dan 2 ekor untuk endogenus). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan adalah A (lama fermentasi 3 hari), B (lama fermentasi 5 hari), C (lama fermentasi 7 hari), D (lama fermentasi 9 hari). Hasil analisis ragam menunjukkan bahwa lama fermentasi memberikan pengaruh berbeda nyata (P<0,05) terhadap kandungan bahan kering dan protein kasar serta berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap retensi nitrogen. Kesimpulan penelitian ini bahwa lama fermentasi dari campuran kulit pisang batu (Musa brachyarpa) dan Azolla microphylla dengan Probio 7 selama 7 hari merupakan lama fermentasi yang efisien, dan diperoleh kandungan bahan kering 35,13%, protein kasar 20,81% dan retensi nitrogen 60,46%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Nuraini, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 23 Nov 2023 01:12
Last Modified: 23 Nov 2023 01:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458568

Actions (login required)

View Item View Item