FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUHAN INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT (ISPA) PADA MASYARAKAT DI DESA SIJANTANG KOTO KOTA SAWAHLUNTO TAHUN 2023

Sitti, Ainun Rohim (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUHAN INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT (ISPA) PADA MASYARAKAT DI DESA SIJANTANG KOTO KOTA SAWAHLUNTO TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (46kB)
[img] Text (BAB 6 Kesimpulan dan Saran)
BAB 6 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Kejadian ISPA di Desa Sijantang Koto meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan studi pendahuluan, 70% responden memiliki keluhan ISPA. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan keluhan ISPA pada masyarakat di Desa Sijantang Koto. Metode Penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitian dilakukan di Desa Sijantang Koto pada Januari-September 2023. Populasi berjumlah 379 KK dan sampel 85 KK. Teknik pengambilan sampel secara proportional random sampling. Instrumen penelitian untuk mendapatkan data primer menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat menggunakan uji chi-square. Hasil Hasil penelitian menunjukkan 60% masyarakat memiliki keluhan ISPA, 63,5% dengan usia yang berisiko, 67,1% berjenis kelamin perempuan, 49,4% IMT tidak normal, dan 51,7% memiliki lingkungan fisik rumah yang tidak memenuhi syarat. Analisis bivariat menunjukkan ada hubungan antara usia (p=0,005), IMT (p=0,019), dan lingkungan fisik rumah (p=0,003), dengan keluhan ISPA dan tidak adanya hubungan antara jenis kelamin (p=0,540), dengan keluhan ISPA. Kesimpulan Terdapat hubungan antara usia, IMT, dan lingkungan fisik rumah dengan keluhan ISPA pada masyarakat di Desa Sijantang Koto. Petugas kesehatan sebaiknya memberikan edukasi dan sosialisasi terkait rumah sehat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Aulia Rahman, SKM., MKM.
Uncontrolled Keywords: ISPA, Lingkungan Fsik Rumah, Usia, IMT
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 21 Nov 2023 08:31
Last Modified: 21 Nov 2023 08:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458440

Actions (login required)

View Item View Item