PELAKSANAAN PROGRAM SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT (STBM) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU MASYARAKAT DI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Elian, Sitra (2019) PELAKSANAAN PROGRAM SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT (STBM) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU MASYARAKAT DI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img] Text (Tesis)
Upload Tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program serta mengetahui perubahan perilaku kesehatan lingkungan masyarakat dengan adanya program STBM di Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian menggunakan metode survey, dimana data primer yang bersumber dari responden menjadi data pokok untuk menjawab permasalahan yang dipertanyakan pada penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam terhadap informan kunci serta kuesioner terhadap 75 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program STBM mulai dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi sudah melibatkan masyarakat. Peranan pemerintah dalam program STBM hanya memfasilitasi yang pada akhirnya sepenuhnya diserahkan pengelolaan pada swadaya masyarakat. Program STBM telah berhasil mengubah pengetahuan dan sikap masyarakat terhadap Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), namun belum berhasil dalam mengubah perilaku masyarakat secara menyeluruh. Pemicuan STBM baru sebatas pilar pertama dan kedua yakni Stop BABS dan CTPS, sedangkan pilar 3,4,5 belum terlaksana.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof.Dr.Ir. Asdi Agustar, M.Sc
Uncontrolled Keywords: STBM, perubahan perilaku, kesehatan lingkungan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 pembangunan wilayah
Date Deposited: 27 Jun 2019 15:59
Last Modified: 27 Jun 2019 15:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45827

Actions (login required)

View Item View Item