PENGELOLAAN TATA RUANG KANTOR DALAM MENDUKUNG EFEKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Fatwa, Nurul Insani (2019) PENGELOLAAN TATA RUANG KANTOR DALAM MENDUKUNG EFEKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[img] Text (TA Full Text)
TA FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Efektivitas sangat berpengaruh pada produktivitas kerja karyawan, hal itu sangat dipengaruhi oleh penataan ruang yang diterapkan pada suatu kantor. Pengelolaan tata ruang kantor menjadi hal yang sangat penting diperhatikan dalam suatu kantor. Produktivitas suatu organisasi secara langsung atau tidak langsung akan dipengaruhi oleh penataan ruang kerja (layout), baik dalam arti positif maupun negatif. Menurut Rasto (2015), tata ruang kantor (layout) kantor adalah pengaturan peralatan dan fasilitas fisik lainnya dalam ruang yang tersedia, untuk memastikan kelancaran dan efisien kerja di kantor. Menurut Quible (2002), layout menjelaskan penggunaan ruang secara efektif serta mampu memberikan kepuasan kepada pegawai terhadap pekerjaan yang dilakukan, maupun memberikan kesan yang mendalam bagi pegawai. Tata ruang kantor tidak hanya menempatkan perlengkapan dan peralatan pada suatu kantor, tetapi tata ruang kantor harus dapat digunakan untuk mengatur dan memudahkan pergerakan alur kerja pegawai dari satu ruangan ke ruangan yang lain. Oleh karena itu, pemilihan layout harus menjadi salah satu agenda penting, karena akan mempengaruhi produtivitas sebuah organisasi. Kantor yang nyaman adalah tempat yang tidak membosankan dan dapat menambah semangat kerja pegawai dalam rangka mendukung peningkatan mutu kegiatan perkantoran dan tercapainya tujuan organisasi, maka secara tidak langsung suasana kantor sangat mendukung efektivitas kerja pegawai yang bekerja di kantor tersebut. Oleh karena itu, setiap perusahaan atau organisasi perlu menciptakan suasana kantor yang mendukung kelancaran pegawai dalam melaksanakan pekerjaannya, salah satunya dengan melakukan penataan ruang kantor (layout) yang baik. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lima Puluh Kota adalah instansi pemerintah yang bergerak dibidang pelayanan publik atau berhubungan langsung dengan masyarakat. Karena tujuan utamanya adalah pelayanan publik, maka dinas ini harus memberikan pelayanan terbaiknya dengan melakukan penataan ruangan kantor sebaik mungkin, sehingga para pegawai dan masyarakat merasa nyaman dan dapat meningkatkan efektivitas kerja mereka dalam melakukan pelayanan publik. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lima Puluh Kota memiliki dua gedung dengan penataan ruang yang berbeda. Gedung I menggunakan jenis tata ruang berkamar / tertutup karena disana terdapat ruangan Kepala Dinas, Sekretaris, dan Kepala Bidang serta Staf lainnya. Penataan seperti ini diterapkan karena dapat menjamin konsentrasi kerja pegawai serta menambah / menjaga status pimpinan (terjaganya kewibawaan pemimpin). Sedangkan gedung II menggunakan jenis tata ruang terbuka karena disana adalah tempat para pegawai melayani masyarakat. Penataan ini diterapkan dengan tujuan mempermudah melakukan hubungan langsung dengan masyarakat serta mempermudah dalam pengaturan cahaya, udara, warna, dan dekorasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Donard Games.,SE.,M.Bus
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Kesekretariatan dan Manajemen Perkantoran
Depositing User: d3 kesekretariatan ekonomi
Date Deposited: 24 May 2019 10:52
Last Modified: 24 May 2019 10:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45782

Actions (login required)

View Item View Item