HUBUNGAN KONSUMSI PROTEIN HEWANI, KONSUMSI TABLET TAMBAH DARAH, DAN PENDAPATAN KELUARGA TERHADAP ANEMIA PADA IBU HAMIL TRIMESTER I DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS IKUR KOTO KOTA PADANG TAHUN 2023

Tia Eka, Yulianti (2023) HUBUNGAN KONSUMSI PROTEIN HEWANI, KONSUMSI TABLET TAMBAH DARAH, DAN PENDAPATAN KELUARGA TERHADAP ANEMIA PADA IBU HAMIL TRIMESTER I DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS IKUR KOTO KOTA PADANG TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER + ABSTRAK_TIA EKA YULIANTI_1911221014.pdf - Published Version

Download (345kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1_ TIA EKA YULIANTI_1911221014.pdf - Published Version

Download (361kB)
[img] Text (BAB 6)
BAB 6_ TIA EKA YULIANTI _1911221014.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_TIA EKA YULIANTI_1911221014.pdf

Download (382kB)
[img] Text (Skripsi Full Teks)
SKRIPSI FULL_ TIA EKA YULIANTI_ 1911221014..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Anemia adalah suatu kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Faktor yang menyebabkan anemia adalah kurangnya konsumsi protein hewani, tablet tambah darah, dan pendapatan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsumsi protein hewani, konsumsi tablet tambah darah, dan pendapatan keluarga terhadap anemia pada ibu hamil trimester 1 di Wilayah Kerja Puskesmas Ikur Koto Kota Padang Tahun 2023. Metode Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional yang dilakukan pada bulan agustus – september. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 60 orang ibu hamil. Pengambilan data konsumsi protein hewani dengan kuesioner Semi Quantitative Food Frequency Questionnaire (SQ-FFQ) dan Food Recall 24 jam, konsumsi tablet tambah darah dengan kuesioner Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, dan Pendapatan keluarga diperoleh dari pengisian kuesioner identitas responden. Sampel diambil menggunakan teknik probability sampling. Analisis data menggunakan uji statistik chi-square Hasil Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara konsumsi protein hewani, konsumsi tablet tambah darah, dan pendapatan keluarga terhadap anemia pada ibu hamil trimester 1 dengan nilai p-value <0,05. Kesimpulan Terdapat hubungan yang bermakna antara antara konsumsi protein hewani, konsumsi tablet tambah darah, dan pendapatan keluarga terhadap anemia pada ibu hamil trimester 1. Ibu hamil diharapkan agar menjaga pola makannya dan patuh mengkonsumsi tablet tambah darah agar terhindar dari anemia selama kehamilan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Azriamidaliza,S.KM,M.KM
Uncontrolled Keywords: Anemia, Konsumsi Protein Hewani, Konsumsi Tablet Tambah Darah, Dan Pendapatan Keluarga
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 15 Nov 2023 08:00
Last Modified: 15 Nov 2023 08:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/457686

Actions (login required)

View Item View Item