Perencanaan Keselamatan Konstruksi untuk Pekerjaan Plat Lantai Jembatan Rangka (Studi Kasus : Proyek Penggantian Jembatan Paket 2, Kel. Batipuh Panjang, Kota Padang)

Yessi, Andriani (2023) Perencanaan Keselamatan Konstruksi untuk Pekerjaan Plat Lantai Jembatan Rangka (Studi Kasus : Proyek Penggantian Jembatan Paket 2, Kel. Batipuh Panjang, Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (852kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Perkembangan infrastruktur yang maju saat ini, belum tentu secara otomatis berbanding lurus dengan keselamatan konstruksi. Keselamatan konstruksi adalah segala kegiatan mengenai keteknikan yang mendukung terwujudnya pekerjaan konstruksi dan sesuai dengan standar keamanan, keselamatan serta kesehatan yang berlaku baik untuk pekerja, publik maupun lingkungan. Penerapan keselamatan konstruksi sangat bergantung pada berbagai faktor seperti, budaya kerja, kesadaran, pengawasan, dan komitmen dari para stakeholders. Jembatan sendiri merupakan alat penghubung yang penting dalam jaringan transportasi jalan serta berfungsi menghindari hambatan alam atau buatan manusia. Berdasarkan data dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) data jembatan yang dibangun hingga tahun 2019 terdapat 18.648 jembatan. Melihat jumlah data ini, jembatan menjadi infrastruktur yang sangat penting dan bentuknya yang merupakan elevated structure atau konstruksi melayang Maka dari itu, penting akan adanya perencanaan keselamatan konstruksi yang matang. Penelitian ini bertujuan merencanakan keselamatan konstruksi pekerjaan plat lantai jembatan rangka yang berstudi kasus pada proyek penggantian jembatan paket 2, Kel. Batipuh Panjang, Kota Padang. Perencanaan keselamatan konstruksi dibuat berbasis design to construct dan integrated determining control berupa tindakan keteknikan, manajemen, serta perilaku selamat manusia dimana dapat mencegah terjadinya insiden yang dapat membahayakan tenaga kerja, masyarakat, kerusakan aset dan lingkungan berdasarkan standard code yang berlaku di Indonesia maupun luar negeri. Metodologi yang digunakan pada penelitian adalah metode deduktif yaitu dengan studi literatur, studi kasus, dan pedoman & standar perencanaan keselamatan konstruksi. Penelitian ini juga menggunakan metode induktif, melakukan wawancara melalui kuesioner kepada praktisi ataupun tenaga ahli terkait penilaian risiko serta biaya dampak kerugian. Pada studi kasus Proyek Penggantian Jembatan Paket 2, Kel. Batipuh Panjang, Kota Padang didapatkan total biaya resiko sebesar Rp.1.328.548.474,08 dan total biaya untuk pengendalian sebesar Rp.435.113.000,00. Sehingga dapat disimpulkan, perencanaan keselamatan konstruksi sangat disarankan dibuat sebelum melakukan pekerjaan konstruksi untuk meminimalisir biaya akibat kecelakaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nidiasari, M.T.
Uncontrolled Keywords: Keselamatan Konstruksi, Perencanaan Keselamatan Konstruksi, Plat Lantai Jembatan Rangka, Kecelakaan Konstruksi, Biaya Keselamatan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 14 Nov 2023 08:48
Last Modified: 14 Nov 2023 08:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/457551

Actions (login required)

View Item View Item