STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA INDUSTRI RUMAH TANGGA PRODUK KERIPIK PISANG (Studi Kasus : Industri Rumah Tangga Keripik Pisang Nuri Rashi)

Yulia, Azzahra (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA INDUSTRI RUMAH TANGGA PRODUK KERIPIK PISANG (Studi Kasus : Industri Rumah Tangga Keripik Pisang Nuri Rashi). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text
BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (90kB)
[img] Text (BAB V Kesimpulan)
BAB V Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (40kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keripik Pisang Nuri Rashi merupakan industri rumah tangga yang berada di Kota Padang yang berdiri sejak 2017. Banyaknya UMKM yang menyajikan produk cemilan beragam dan menarik menuntut Industri Rumah Tangga Keripik Pisang Nuri Rashi agar dapat bersaing dengan kompetitornya. Sehingga diperlukan strategi pengembangan agar dapat bersaing secara maksimal oleh kompetitor agar industri dapat tetap menjaga dan meningkatkan eksistensinya dipasaran. Strategi yang dipakai pada penelitian ini yaitu BMC dan SWOT. Tujuan dari dua metode tersebut untuk mendapatkan kondisi bisnis yang sedang dijalankan dan strategi yang tepat dan efektif untuk pengembangan usaha tersebut kedepannya. Pada penelitian ini juga dilakukan analisis nilai tambah hasil eksplorasi elemen cost structure dari business model canvas menggunakan metode Hayami. Metode Hayami digunakan untuk memperhitungkan apakah usaha yang dijalankan memiliki nilai tambah atau tidak. Pada penelitian ini, UMKM tersebut memiliki nilai tambah yang tinggi yaitu >40%. Hasil perhitungan IFE dan EFE menunjukkan bahwa posisi usaha berada pada sel I yaitu grow and built dimana strategi yang cocok yaitu strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan produk. Berdasarkan matriks IE dan memiliki skor tertinggi pada strategi SO sebesar 4,64. Hasil analisis matriks SWOT menunjukkan strategi SO yang dapat diterapkan pada usaha tersebut yaitu meningkatkan pemasaran untuk promosi dan penjualan secara online, melakukan pengembangan produk, memperluas dan meningkatkan kemampuan dalam menjalin kerjasama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Azrifirwan, S. TP., M. Eng
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: teknik industri pertanian
Date Deposited: 14 Nov 2023 04:37
Last Modified: 14 Nov 2023 04:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/457417

Actions (login required)

View Item View Item