ASUHAN KEPERAWATAN INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT (ISPA) PADA AN.Z USIA 3 TAHUN 8 BULAN DENGAN PEMBERIAN MINUMAN HERBAL JAHE MERAH DAN MADU DI KECAMATAN PAUH KOTA PADANG

Nurvanny, Husna (2023) ASUHAN KEPERAWATAN INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT (ISPA) PADA AN.Z USIA 3 TAHUN 8 BULAN DENGAN PEMBERIAN MINUMAN HERBAL JAHE MERAH DAN MADU DI KECAMATAN PAUH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (379kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (345kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (257kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (359kB)
[img] Text (KIA FULL TEXT)
KIA Full Vanny.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penyakit ISPA dapat menginfeksi paru-paru dan menjadi penyebab kematian pada anak karena memiliki dampak pada gangguan fungsi pernapasan. Gangguan pada pernapasan menempati urutan pertama penyebab kematian pada anak. Penanganan ISPA tidak hanya dengan terapi farmakologis, namun dapat dikombinasi dengan terapi nonfarmakologis. Salah satu terapi nonfarmakologi ialah minuman herbal jahe merah dan madu. Jahe merah mengandung senyawa kimia flavonoid, alkaloid dan minyak atsiri yang tinggi dapat meningkatkan imun tubuh, mengurangi gejala saat demam, batuk, dan flu, dan masalah pernapasan lainnya, sedangkan madu mengandung pinobanksine dan vitamin C yang berfungsi untuk menurunkan tingkat keparahan batuk. Tujuan dari karya ilmiah akhir ini adalah untuk melakukan asuhan keperawatan pada anak dengan ISPA dengan penerapan Evidence Based Nursing melalui pemberian minuman herbal jahe merah dan madu pada anak. Studi kasus dilakukan dengan memberikan asuhan keperawatan mulai dari pengkajian, diagnosis, intervensi, implementasi dan evaluasi keperawatan. Pada masalah bersihan jalan nafas tidak efektif dilakukan intervensi manajemen jalan nafas dan pemberian minuman herbal jahe merah dan madu yang dilakukan selama 3 hari. Hasil akhir dari asuhan keperawatan bahwa masalah keperawatan dapat teratasi semua dan penerapan Evidence Based Nursing yaitu pemberian minuman herbal jahe merah dan madu efektif dilakukan karena dapat mengatasi masalah bersihan jalan napas pada anak dengan ISPA. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi selama 3 hari yaitu batuk berdahak berkurang, suara nafas tambahan tidak ada, flu tidak ada, frekuensi nafas menjadi 22 x/menit. Sehingga pemberian minuman herbal jahe merah dan madu dapat digunakan sebagai intervensi nonfarmakologis dalam memberikan asuhan keperawatan untuk mengatasi bersihan jalan napas pada anak dengan ISPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Meri Neherta, S.Kep., M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Minuman herbal jahe merah dan madu, ISPA, Bersihan Jalan Napas Tidak Efektif
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 14 Nov 2023 04:09
Last Modified: 14 Nov 2023 04:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/456947

Actions (login required)

View Item View Item