Diaz, Kharisma Parmato (2023) Kampanye Indonesia Spice Up The World (ISUTW) Sebagai Upaya Nation Branding Indonesia. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER SKRIPSI DIAZ KHARISMA PARMATO.pdf - Published Version Download (317kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN SKRIPSI DIAZ KHARISMA PARMATO.pdf - Published Version Download (546kB) |
|
Text (KESIMPULAN)
BAB V KESIMPULAN SKRIPSI DIAZ KHARISMA PARMATO.pdf - Published Version Download (333kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI)
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI DIAZ KHARISMA PARMATO.pdf - Published Version Download (567kB) |
|
Text (FULL DRAFT SKRIPSI)
DRAFT SKRIPSI DIAZ KHARISMA PARMATO (1).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Perkembangan globalisasi di seluruh dunia turut mempengaruhi interaksi antaraktor negara dalam sistem internasional terkhusus dalam hal praktik diplomasi yang dilakukan oleh negara. Salah satu bentuk diplomasi yang berkembang dewasa ini adalah kampanye gastrodiplomasi yang dilakukan oleh berbagai negara termasuk Indonesia. Pada akhir tahun 2020, diinsiasi suatu kampanye dengan nama Indonesia Spice Up the World (ISUTW) yang merupakan hasil inisiasi pihak pemerintah bersama lintas kementerian di Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan ekspor rempah dan bumbu kuliner lokal Indonesia serta memperluas jejaring restoran Indonesia di luar negeri sebagai salah satu upaya dalam pemulihan ekonomi nasional Indonesia pascapandemi Covid-19. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah mendeskripsikan, melihat, dan menganalisis bagaimana berbagai upaya nation branding yang dilakukan Indonesia melalui kampanye Indonesia Spice Up the World (ISUTW) dapat mencapai kepentingan nasional dari Indonesia. Penelitian yang dilakukan menggunakan kerangka konseptual “Nation Branding” dari Juyan Zhang. Teknik pengumpulan data dan analisis data dilakukan dengan metode kualitatif dan analisis deksriptif. Penelitian yang dilakukan menemukan bahwa Indonesia dengan kampanye ISUTW telah melakukan komponen strategi nation branding terkhusus melalui enam strategi nation branding yang dikemukakan oleh Juyan Zhang diantaranya, product marketing strategy, food event strategy, coalition-building strategy, use of opinion leaders, education strategy dan media relation strategy. Keenam strategi upaya nation branding dalam kampanye yang sedang berjalan tersebut membantu Indonesia untuk mencapai kepentingan nasional Indonesia dalam aspek ekonomi nasional maupun promosi kuliner yang dilakukan. Kata Kunci: Indonesia Spice Up the World (ISUTW), Kampanye Gastrodiplomasi, Nation Branding, Indonesia, Juyan Zhang
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Haiyyu Darman Moenir, S. IP, M. Si |
Subjects: | J Political Science > JZ International relations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional |
Depositing User: | s1 ilmu hubungan internasional |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 02:36 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 02:36 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/456896 |
Actions (login required)
View Item |