Pengaruh Penuaan Termal Terhadap Tegangan Tembus Dan Kekuatan Tarik Kertas Isolasi dalam Campuran Minyak Mineral dan Ester Sintetik

Qarina, Maharani (2023) Pengaruh Penuaan Termal Terhadap Tegangan Tembus Dan Kekuatan Tarik Kertas Isolasi dalam Campuran Minyak Mineral dan Ester Sintetik. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrack)
Cover dan Abstak.pdf - Published Version

Download (65kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (46kB)
[img] Text (Penutup)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (157kB)
[img] Text (Tugas Akhir)
Tugas Akhir_Qarina Maharani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan tarik dan tegangan tembus kertas isolasi akibat campuran minyak mineral dan ester sintetik yang mengalami thermal aging. Campuran minyak mensimulasikan kondisi retrofilling dimana masih terdapat minyak mineral yang tertinggal pada transformator, sehingga menyebabkan terjadinya percampuran minyak isolasi lama dengan minyak isolasi baru. Thermal aging dilakukan dengan pemanasan dalam oven listrik pada suhu 140 oC selama 14 hari dan 28 hari. Kertas isolasi dimasukkan kedalam campuran minyak isolasi sebelum diberi thermal aging. Setelah mengalami thermal aging, karakteristik kertas isolasi akan dievaluasi berdasarkan kekuatan tarik menggunakan metode ASTM D638 tipe V dan tegangan tembus menggunakan metode IEC 60156. Dari hasil pengujian selama 14 dan 28 hari didapatkan bahwa nilai kuat tarik kertas menurun seiring lamanya waktu penuaan, sedangkan nilai tegangan tembus kertas meningkat seiring bertambahnya usia penuaan. Semakin meningkatnya persentase campuran minyak mineral nilai kuat tarik dan tegangan tembus akan menurun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Abdul Rajab
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 14 Nov 2023 04:37
Last Modified: 14 Nov 2023 04:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/456881

Actions (login required)

View Item View Item