ANALISIS NILAI TAMBAH, EFISIENSI USAHA, DAN PROSPEK PENGEMBANGAN USAHA PADA PRODUK OLAHAN KERIPIK PISANG

Fitri, Herlyadisti (2023) ANALISIS NILAI TAMBAH, EFISIENSI USAHA, DAN PROSPEK PENGEMBANGAN USAHA PADA PRODUK OLAHAN KERIPIK PISANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (89kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
BAB 1. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (Bab 5. Penutup)
BAB 5. Penutup.pdf - Published Version

Download (75kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Usaha keripik pisang merupakan salah satu usaha yang banyak dikembangkan. Maka dari itu, dilakukan pengembangan pada produk olahan keripik pisang dengan melihat nilai tambah dan efisiensi usaha dari keripik pisang tersebut, sehingga dapat dirancang strategi yang tepat untuk prospek pengembangan usahanya. Dengan menggunakan metode Hayami, diperoleh nilai tambah keripik pisang rasa cokelat yaitu sebesar Rp 26.145/kg pisang, keripik pisang chocco vanilla sebesar Rp 25.628/kg pisang, dan keripik pisang balado sebesar Rp 25.887/kg pisang. Efisiensi usaha dilihat dari Break Event Point (BEP) dan juga nilai R/C ratio dari masing-masing keripik pisang yang dikembangkan. Pada pengembangan keripik pisang yang dilakukan, nilai R/C ratio dari ketiga produk keripik pisang yang dikembangkan lebih besar dari 1, yang artinya produk dan usaha tersebut layak untuk dikembangkan. Dengan menggunakan Metode Perbandingan Eksponensial (MPE) diambil keputusan bahwa keripik pisang dengan variasi rasa cokelat menjadi produk unggulan dari tiga alternatif produk yang dikembangkan, karena mempunyai TN (total nilai) tertinggi yaitu 4.124,3. Perencanaan strategi prospek pengembangan usaha dilakukan dengan mengidentifikasi beberapa faktor internal dan eskternal yang kemudian dianalisis menggunakan analisis SWOT untuk mendapatkan strategi yang tepat. Strategi terpilih untuk pengembangan usaha pada ketiga produk olahan keripik pisang tersebut yaitu menggunakan strategi SO (Strength-Opportunities) dengan menggunakan kekuatan-kekuatan yang dimiliki dan memanfaatkan segala peluang yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Santosa, MP
Uncontrolled Keywords: keripik pisang, nilai tambah, pengembangan usaha
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: teknik industri pertanian
Date Deposited: 10 Nov 2023 03:31
Last Modified: 10 Nov 2023 03:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/456534

Actions (login required)

View Item View Item