ANALISIS PEMAHAMAN LULUSAN STAR BPKP MENGENAI PENGELOLAAN DAN PENGAWASAN KEUANGAN NEGARA (Studi Empiris pada Lulusan STAR BPKP Program Studi Magister Akuntansi Pemerintahan Universitas Andalas )

Fathiah, Fathiah (2019) ANALISIS PEMAHAMAN LULUSAN STAR BPKP MENGENAI PENGELOLAAN DAN PENGAWASAN KEUANGAN NEGARA (Studi Empiris pada Lulusan STAR BPKP Program Studi Magister Akuntansi Pemerintahan Universitas Andalas ). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Bahan 1 (Cover dan Abstrak).pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bahan II (Bab I Fathiah 1620532021).pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
Bahan III (Bab V Fathiah 1620532021).pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Bahan IV.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
Bahan V (Tesis Full Fathiah 1620532021).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan tingkat pemahaman antara lulusan STAR BPKP yang berstatus Pengelola Keuangan Negara (PKN) dan berstatus Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) mengenai pengelolaan dan pengawasan keuangan negara. Topik ini dipilih berhubungan dengan diselengaarakannya program beasiswa STAR BPKP oleh pemerintah, kegiatan ini bertujuan agar akuntan pemerintahan baik yang berperan sebagai PKN maupun APIP memiliki pemahaman yang memadai terkait pengelolaan dan pengawasan keuangan negara. Oleh sebab itu perlu dilakukan penelitian untuk menilai kemampuan lulusan STAR BPKP tersebut setelah menyelesaikan pendidikan melalui program beasiswa STAR. Populasi dalam penelitian ini adalah lulusan STAR BPKP Universitas Andalas yang terdiri dari 6 angkatan pada tahun 2013-2018 yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu PKN dan APIP. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 42 orang untuk kelompok PKN dan 11 orang untuk kelompok APIP . Jumlah sample ditetapkan dengan perbandingan 80% dan 20% untuk kedua kelompok PKN dan APIP berdasarkan metode quota sampling dengan dasar Convienence. Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan uji statistik Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pemahaman yang signifikan antara PKN dan APIP mengenai pengelolaan dan pengawasan keuangan pemerintah. Kata Kunci - Pemahaman pengelolaan dan pengawasan keuangan pemerintah; APIP; PKN

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.Suhairi, SE, M.Si, AK.CA
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 24 May 2019 14:45
Last Modified: 24 May 2019 14:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45640

Actions (login required)

View Item View Item