Sistem Keamanan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita dalam Menjalani Pendidikan di Sekolah (Studi Deskriptif Perbandingan Sistem Keamanan SLB Swasta dengan SLB Negeri)

Nabila, Muthya Hanifah (2023) Sistem Keamanan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita dalam Menjalani Pendidikan di Sekolah (Studi Deskriptif Perbandingan Sistem Keamanan SLB Swasta dengan SLB Negeri). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1 cover dan abstrak e-skripsi mumut.pdf - Published Version

Download (104kB)
[img] Text (Bab Pendahuluan)
2 Bab Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (334kB)
[img] Text (Bab Akhir)
3 Bab Akhir e-skripsi mumut.pdf - Published Version

Download (87kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4 Daftar Pustaka e-skripsi mumut.pdf - Published Version

Download (97kB)
[img] Text (Skripsi Full)
5 skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Nabila Muthya Hanifah. 1910823012. Sistem Keamanan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita dalam Menjalani Pendidikan di Sekolah (Studi Deskriptif Perbandingan Sistem Keamanan SLB Swasta dengan SLB Negeri). Pembimbing I Drs. Edi Indrizal, M.Si, Pembimbing II Dra. Ermayanti, M.Si. Departemen Antropologi Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, 2023. Anak Tunagrahita merupakan anak yang memiliki kemampuan yang berbeda dengan anak normal pada umumnya terutama dalam pendidikan dan keamananannya. Pendidikan khusus yang mampu menunjang kebutuhan anak tunagrahita yaitu berada di Sekolah Luar Biasa. Tidak hanya pendidikan saja, Sekolah Luar Biasa juga memberikan sistem keamanan yang layak untuk menjaga keamanan anak tunagrahita ketika menjalani pendidikan di sekolah. Dalam upaya menerapkan sistem keamanan bagi anak tunagrahita ketika menjalani pendidikan di sekolah, standar sarana dan prasarana fisik sekolah harus sesuai dengan standar sarana dan prasarana bagi anak berkebutuhan khusus tunagrahita. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kondisi fisik sarana dan prasarana sekolah terkait keamanan anak tunagrahita di sekolah, mendeskripsikan sistem keamanan anak berkebutuhan khusus tunagrahita menurut budaya sekolah dan orangtua anak tunagrahita, dan mendeskripsikan hambatan budaya yang mempengaruhi sistem keamanan anak berkebutuhan khusus tunagrahita pada saat menjalani pendidikan di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi selama berada dilapangan. Pemilihan informan, menggunakan purposive sampling dengan menggunakan informan utama yang merupakan orangtua anak tunagrahita dan informan kunci yang merupakan guru, tenaga pendidik, dan warga sekolah yang bekerja di SLB Kemala Bhayangkari Lubuk Jantan dan SLB Negeri 1 Lima Kaum. Kondisi Sarana dan Prasarana pada SLB Swasta dan SLB Negeri sama-sama mengikuti standar keamanan yang telah diterapkan untuk Sekolah luar biasa. Kedua sekolah dan orangtua menyadari pentingnya keamanan anak tunagrahita ketika menjalani pendidikan di sekolah. Cara kedua sekolah dalam menjaga sistem keamanan anak tunagrahita mengikuti aturan yang masing-masing tetapkan meskipun belum berjalan secara maksimal. Hambatan budaya yang mempengaruhi sistem keamanan sekolah yaitu kebiasaan peserta didik yang membuat guru piket tidak bisa mengawasi secara maksimal dan masyarakat yang kurang memperdulikan aturan dan nilai-nilai perbedaan kondisi anak berkebutuhan khusus. Kata Kunci: Sistem Keamanan, Tunagrahita, Pendidikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Edi Indrizal, M.Si
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: S1 Antropologi Sosial
Date Deposited: 08 Nov 2023 07:28
Last Modified: 08 Nov 2023 07:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/456373

Actions (login required)

View Item View Item