PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS KAWASAN SARIBU RUMAH GADANG SEBAGAI DESTINASI WISATA BUDAYA SOLOK SELATAN BERBASIS WEB DAN MOBILE

Zikrya, Hasanah (2019) PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS KAWASAN SARIBU RUMAH GADANG SEBAGAI DESTINASI WISATA BUDAYA SOLOK SELATAN BERBASIS WEB DAN MOBILE. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 (Pendahuluan))
2. Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir (Kesimpulan))
3. Bab Akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Rumah gadang merupakan rumah adat tradisional masyarakat minang kabau yang harus dijaga dan dilestarikan. Adapun salah satu daerah minang kabau yang memiliki rumah gadang terbanyak yaitu, Solok Selatan dimana daerah tersebut diberi nama Kawasan Saribu Rumah Gadang. Pada acara Anugrah Pesona Indonesia (API) yang dilaksanakan oleh Kementrian Pariwisata (Kemenpar) tahun 2017 Kawasan Saribu Rumah Gadang terpilih sebagai pemenang Kampung Adat Terpopuler. Kawasan ini merupakan kawasan yang memiliki nilai budaya nasional sehingga menarik para wisatawan domestik dan mancanegara untuk datang ke Solok Selatan. Untuk mempermudah wisatawan dalam mendapatkan informasi mengenai rumah gadang yang ada di Kawasan Saribu Rumah Gadang ini, maka dibutuhkanlah sebuah sistem yang mampu memberikan informasi seperti pemilik, nama suku, jenis rumah gadang, lokasi, status rumah gadang yaitu apakah sebagai hunian tinggal atau dibuka hanya untuk acara adat, fasilitas rumah gadang , dan rumah gadang tersebut disewakan (homestay) atau tidak. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka perlu dilakukan Pembangunan Sistem Informasi Geografis Kawasan Saribu Rumah Gadang sebagai Destinasi Wisata Budaya Solok Selatan Berbasis Web dan Mobile yang memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi mengenai Kawasan Saribu Rumah Gadang di Solok Selatan. Kata kunci: Kawasan Saribu Rumah Gadang, Rumah Gadang, Sistem Informasi Geografis, Web, Mobile.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Surya Afnarius, Ph.D
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 23 May 2019 15:37
Last Modified: 23 May 2019 15:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45636

Actions (login required)

View Item View Item