KARAKTERISTIK MI KERING BERBAHAN DASAR TEPUNG TERIGU DAN TEPUNG TALAS DENGAN PENAMBAHAN IKAN BILIH (Mystacoleucus padangensis)

Delya, Monica (2023) KARAKTERISTIK MI KERING BERBAHAN DASAR TEPUNG TERIGU DAN TEPUNG TALAS DENGAN PENAMBAHAN IKAN BILIH (Mystacoleucus padangensis). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text (Pendahuluan)
Bab 1. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (293kB)
[img] Text (Penutup)
Bab 5 penutup.pdf - Published Version

Download (363kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI DELYA MONICA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan ikan bilih terhadap karakteristik mie kering dari tepung terigu dan tepung talas serta menentukan konsentrasi penambahan ikan bilih yang terbaik sehingga menghasilkan mie kering yang disukai panelis. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan perlakuan yang diberikan pada penelitian ini A (tanpa penambahan ikan bilih), B (penambahan ikan bilih 7%), C (penambahan ikan bilih 14%), D (penambahan ikan bilih 21 %), E (Penambahan ikan bilih 28 %). Penambahan tepung ikan bilih pada produk mie kering berbahan dasar tepung terigu dan tepung talas memberikan pengaruh nyata terhadap kadar air, kadar abu, kadar protein, kadar lemak, kadar karbohidrat, daya serap air, kekerasan, organoleptik warna dan rasa. Namun tidak berpengaruh nyata terhadap organoleptik aroma dan tekstur. Formulasi terbaik dalam pembuatan mie kering berbahan dasar tepung terigu dan tepung talas dengan penambahan tepung Ikan Bilih adalah pada perlakuan C (penambahan tepung Ikan Bilih 14%), dengan hasil organoleptik warna 4,3 (suka), aroma 3,85 ( biasa), rasa 4,0 (suka) dan tekstur 4,15 (suka). Hasil analisis fisikokimia yaitu kadar air 7,22%, kadar abu 3,0%, kadar protein 16,34%, kadar lemak 2,13%, kadar karbohidrat 72,02%, daya serap air 207%, dan kekerasan 70,3/cm2 . Nilai indeks glikemik mie kering yang diperoleh pada perlakuan C (penambahan tepung Ikan Bilih 14%) adalah 45,08 Kata Kunci : Ikan bilih, tepung talas, indeks glikemik, mi kering

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Cesar Welya Refdi, S.TP, M.Si
Uncontrolled Keywords: Ikan bilih, tepung talas, indeks glikemik, mi kering
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 08 Nov 2023 08:39
Last Modified: 08 Nov 2023 08:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/456322

Actions (login required)

View Item View Item