Asuhan Keperawatan Lansia Pada Tn.B Dengan Resiko Jatuh Melalui Penerapan Balance Exercise Di Panti Sosial Tresna Werdha Sabai Nan Aluih Sicincin

Irma, Yovita (2023) Asuhan Keperawatan Lansia Pada Tn.B Dengan Resiko Jatuh Melalui Penerapan Balance Exercise Di Panti Sosial Tresna Werdha Sabai Nan Aluih Sicincin. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (327kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text (BAB V)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (247kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (270kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Masalah kesehatan fisik yang sering terjadi pada lansia diantaranya yaitu kejadian jatuh pada lansia. Perubahan fisiologis yang terjadi selama proses penuaan meningkatkan resiko lansia untuk mengalami jatuh dan seringkali menjadi jatuh yang berulang. Kejadian jatuh biasanya terjadi saat berdiri, berjalan, berpindah dari tempat tidur, berdiri dari duduk, ketika tersandung pintu dan karpet, juga karena adanya permukaan yang tidak datar dan licin. Untuk mencegah terjadinya cidera akibat jatuh ini perlu adanya dilakukan latihan keseimbangan tubuh salah satunya yaitu dengan cara latihan balance exercise. Balance exercise mampu meningkatkan kekuatan otot terutama pada ekstremitas bagian bawah serta meningkatkan keseimbangan tubuh dan mobilitas. Tujuan dari karya ilmiah ini adalah untuk memberikan gambaran asuhan keperawatan yang komprehensif pada lansia resiko jatuh dengan penerapan balance exercise. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus dan memberikan asuhan keperawatan dengan pendekatan proses keperawatan. Penerapan balance exercise dilakukan selama 4 kali dalam satu minggu dengan durasi 15-20 menit. Hasil dari laporan ini adalah balance exercise efektif dalam meningkatkan keseimbangan tubuh dan menurunkan tingkat resiko jatuh pada lansia. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengukuran keseimbangan yaitu Berg Balance Scale (BBS), yang pada awal pengukuran didapatkan skor 38 dan skor akhir didapatkan dengan skor 43. Sebagai saran untuk pelayanan kesehatan di PSTW sicincin untuk dapat menerapkan intervensi latihan Balance exercise ini secara rutin kepada klien dengan resiko jatuh. Balance exercise mampu menurunkan resiko jatuh dan meningkatkan keseimbangan tubuh pada lansia apabila dilakukan secara rutin dan konsisten.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Dr. Rika Sabri, S.Kp., M.Kes., Sp.Kep.Kom
Uncontrolled Keywords: Lansia, Resiko Jatuh, Balance exercise, PSTW, Asuhan Keperawatan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 13 Nov 2023 04:48
Last Modified: 13 Nov 2023 04:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/456071

Actions (login required)

View Item View Item