PENERAPAN TERAPI THOUGHT STOPPING DALAM ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN DENGAN HARGA DIRI RENDAH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS PADANG 2023

Miwi, Yulianti (2023) PENERAPAN TERAPI THOUGHT STOPPING DALAM ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN DENGAN HARGA DIRI RENDAH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS PADANG 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak_Miwi Yuliantii.pdf - Published Version

Download (164kB)
[img] Text (BAB I)
58.pdf - Published Version

Download (264kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
V.pdf

Download (106kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA_Miwi Yulianti.pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Text (KIA FULL TEXT)
Karya Ilmiah Akhir_Miwi Yulianti_ 2241312058 (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Setiap tahun terjadi peningkatan yang signifikan angka kejadian skizofrenia dengan masalah harga diri. Berdasarkan data yang terdapat di Rumah Sakit Jiwa HB Saanin Padang harga diri rendah menempati peringkat ke 4 yaitu 191 jiwa dari total keseluruhan diagnosa keperawatan. Harga diri rendah apabila tidak segera ditatalaksana dengan baik dan benar akan menyebabkan munculnya dampak lain seperti isolasi sosial dan risiko perilaku kekerasaan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melakukan penerapan terapi thought stopping dalam asuhan keperawatan untuk meningkatkan harga diri dan menghilangkan pikiran negatif klien. Teknik pengumpulan data dalam studi kasus ini melalui wawancara, observasi, pemeriksaan fisik, pendokumentasian, dan pemberian thought stopping untuk mengontrol pikiran negatif klien dengan harga diri rendah. Hasil penelitian didapatkan bahwa pemberian terapi thought stopping dapat meningkatkan harga diri klien terbukti dari klien mampu mengendalikan pikiran negatif dengan mengantinya menjadi pikiran positif. Disarankan kepada perawat pelaksana agar memberikan terapi thought stopping terhadap klien dengan harga diri rendah yang sedang melakukan rawat jalan agar pengobatan klien untuk meningkatkan harga diri dan mengurangi harga diri rendah pada klien dengan skizofrenia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Dewi Eka Putri, M.Kep, Sp. Kep. J
Uncontrolled Keywords: Thought Stopping, Skizofrenia, Harga Diri Rendah
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 01 Nov 2023 03:37
Last Modified: 01 Nov 2023 03:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/455852

Actions (login required)

View Item View Item