Hubungan Pengetahuan dan Sikap Penderita Gout dengan Kepatuhan Diet Rendah Purin di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Padang Tahun 2019

Nia, Rahmanandha Putri (2019) Hubungan Pengetahuan dan Sikap Penderita Gout dengan Kepatuhan Diet Rendah Purin di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Padang Tahun 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak dan cover)
abstrak dan cover.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 7 penutup)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Meningkatnya jumlah penderita gout dilihat masih banyaknya penderita yang tidak mematuhi diet terutama rendah purin. Ketidakpatuhan penderita gout dalam menjalankan dietnya dapat memicu terjadinya penyakit ginjal, batu ginjal, diabetes, penyakit jantung hingga kematian. Kepatuhan diet rendah purin tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pengetahuan dan sikap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dan sikap penderita gout dengan kepatuhan diet rendah purin di wilayah kerja Puskesmas Andalas Padang tahun 2019. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah penderita gout di wilayah kerja Puskesmas Andalas Padang sebanyak 96 responden. Dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 85 responden diambil secara proportional random sampling. Penelitian dilaksanakan pada 29-30 Maret 2019 di wilayah kerja Puskesmas Andalas Padang. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner untuk melihat pengetahuan sikap, serta kepatuhan diet. Analisa data menggunakan uji chi- square. Hasil penelitian didapatkan ada hubungan antara pengetahuan dengan kepatuhan diet responden secara signifikan dengan nilai signifikansi (p value) 0,004 < 0,05 dan ada hubungan antara sikap dengan kepatuhan diet responden secara signifikan dengan nilai signifikansi (p value) 0,000 < 0,05. Diharapkan petugas kesehatan terutama perawat komunitas dapat melakukan program pendidikan kesehatan dalam rangka upaya pencegahan gout dan pentingnya melakukan diet rendah purin di Puskesmas setempat. Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Diet rendah Purin Daftar Pustaka : 53 (1998-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Agus Sri Banowo, S.Kp, M.P. H
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 24 May 2019 11:18
Last Modified: 24 May 2019 11:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45562

Actions (login required)

View Item View Item