Perbedaan Level Pengetahuan dan Sikap pada Kepatuhan Diet Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 di Poliklinik Khusus Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun2019

Rezi, Norita (2019) Perbedaan Level Pengetahuan dan Sikap pada Kepatuhan Diet Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 di Poliklinik Khusus Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. COVER.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I oke.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII)
BAB VII mabim.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
SKRIPSI full text..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kendala utama pada pengelolaan diet Diabetes Mellitus adalah timbulnya ketidakpatuhan yang disebabkan oleh kejenuhan pasien terhadap pola diet yang serba dibatasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan level pengetahuan dan sikap pada kepatuhan diet pasien DM tipe 2 di poliklinik khusus penyakit dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif korelasi. Populasi penelitian ini semua pasien DM tipe 2 di Poliklinik Khusus Penyakit Dalam RSUP DR. M. Djamil Padang. Sampel berjumlah 88 responden diambil secara accidental sampling, instrument yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuesioner. Data diolah secara komputerisasi dan dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi- square. Berdasarkan hasil penelitian Separoh responden pada level tahu yaitu sebanyak 50 orang (56,8%). Lebih dari separoh yaitu sebanyak 48 orang (54,5%) responden memiliki sikap Negatif dan sebanyak 40 orang (45,5%) sikap positif. Separoh yaitu sebanyak 45 orang (51,1%) responden tidak patuh terhadap diet DM yang diberikan petugas kesehatan. Tidak ada hubungan antara level pengetahuan dengan kepatuhan diet responden. Ada hubungan antara Sikap dengan kepatuhan diet responden secara signifikan. Diharapkan dapat mempertahankan serta meningkatkan mutu pelayanan keperawatan dengan cara tetap memberi pendidikan kesehatan mengenai diet DM sehingga pasien dapat menjaga pola hidup yang sehat serta dapat mengurangi risiko terjadinya komplikasi DM. Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap Kepatuhan Diet DM Daftar Pustaka : 50 (2002-2017)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hema Malini, S.Kp., MN. PhD
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 23 May 2019 15:29
Last Modified: 23 May 2019 15:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45560

Actions (login required)

View Item View Item