HUBUNGAN TINGKAT LITERASI MEDIA DENGAN PERILAKU DALAM MENYIKAPI PEMBERITAAN DI DI MEDIA SOSIAL PADA GENERASI BABY BOOMERS DAN GENERASI MILENIAL DI KOTA PADANG

Lisa, Hartina (2023) HUBUNGAN TINGKAT LITERASI MEDIA DENGAN PERILAKU DALAM MENYIKAPI PEMBERITAAN DI DI MEDIA SOSIAL PADA GENERASI BABY BOOMERS DAN GENERASI MILENIAL DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (222kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1_LISA.pdf - Published Version

Download (439kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB 5_Lisa.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA_LISA.pdf - Published Version

Download (328kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Lisa Hartina - 1910862027 - Revisi Semhas_Watermark FIX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan literasi media merupakan kemampuan yang diperlukan guna menyaring informasi yang ada di media sosial sehingga dapat meminimalisir penyebaran hoax. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui tingkat literasi media serta perbandingannya pada generasi baby boomers dan generasi milenial di Kota Padang. Selanjutnya, penelitian ini juga memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat literasi media dengan perilaku individu dalam menyikapi pemberitaan di media sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatif korelasi dan komparasi dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 120 orang responden yang terdiri dari 60 orang generasi baby boomers dan 60 orang dari generasi milenial yang tersebar di Kota Padang. Teori literasi media oleh James Potter digunakan dalam menganalisis penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi spearman rank dan mann whitney dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan tingkat literasi media dan perilaku dalam menyikapi pemberitaan yang mendominasi terdapat pada sub variabel analisis dan pengetahuan, sedangkan perolehan skor rendah berada pada sub variabel pengelompokkan dan tindakan. Berdasarkan hasil uji korelasi spearman rank terdapat hubungan yang cukup kuat antara tingkat literasi media dengan perilaku dalam menyikapi pemberitaan dengan koefisien korelasi sebesar 0.576. Hasil pengujian mann whitney menunjukkan adanya perbedaan antara tingkat literasi media generasi baby boomers dengan generasi milenial di Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yayuk Lestari, S.Sos, MA
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Baby Boomers, hoaks, literasi media, media sosial, milenial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 19 Oct 2023 09:00
Last Modified: 19 Oct 2023 09:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/455530

Actions (login required)

View Item View Item