PENGARUH PEMBERIAN BIOCHAR SERBUK KAYU TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI MAIN NURSERY

Tri, Rani Amelia (2019) PENGARUH PEMBERIAN BIOCHAR SERBUK KAYU TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI MAIN NURSERY. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
FILE 1 (COVER DAN ABSTRAK).pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
FILE 2 (BAB I PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
FILE 3 (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN).pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
FILE 4 (DAFTAR PUSTAKA).pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
FILE 5 (TUGAS AKHIR UTUH).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kelapa sawit (Elaeis guinensis Jacq.) merupakan salah satu komoditas perkebunan yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat dan berpotensi besar sebagai komoditi andalan untuk ekspor serta diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani. Teknologi budidaya tanaman kelapa sawit selalu berkembang dari waktu ke waktu, salah satu teknologinya yaitu penggunaan biochar. Biochar merupakan salah satu bahan ameliorant tanah yang dapat dibuat menggunakan limbah-limbah pertanian seperti kulit buah kakao, sekam padi, tempurung kelapa ataupun sisa-sisa pengolahan kayu seperti serbuk kayu hasil gergaji. Percobaan telah dilaksanakan di Kebun Percobaan Universitas Andalas Kampus III Dharmasraya dari bulan Maret – Oktober 2018. Tujuan dari percobaan ini adalah untuk mendapatkan dosis biochar serbuk kayu terbaik untuk pertumbuhan bibit kelapa sawit di main nursery. Percobaan disusun berdasarkan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdapat 5 perlakuan dan 5 ulangan dan setiap satuan percobaan terdapat 2 tanaman. Perlakuannya adalah 0 g, 200 g, 400 g, 600 g dan 800g biochar serbuk kayu/polybag. Parameter pengamatannya yaitu tinggi tanaman, panjang daun, jumlah daun, lebar daun, diameter bonggol, panjang akar, biomassa, dan ratio tajuk akar. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan sidik ragam dan apabila berbeda nyata akan dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5 %. Dari percobaan ini dapat disimpulkan, pemberian biochar serbuk kayu terhadap bibit kelapa sawit di main nursery tidak memberikan pengaruh yang sama terhadap seluruh parameter pertumbuhan bibit tanaman kelapa sawit akan tetapi mampu meningkatkan pertumbuhan tinggi tanaman bibit kelapa sawit dengan dosis yang disarankan 200 g/polybag biochar serbuk kayu. Kata kunci: kelapa sawit, biochar, serbuk kayu, main nursery.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yusniwati, S.P., M.P.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 23 May 2019 15:07
Last Modified: 23 May 2019 15:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45553

Actions (login required)

View Item View Item