ASUHAN KEPERAWATAN PADA Tn.S DENGAN KETIDAKBERDAYAAN DAN MANAJEMEN LAYANAN KEMITRAAN LINTAS SEKTOR DAN LINTAS PROGRAM DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAUH

KUNTUM, KHAIRANI SYAHRIL (2019) ASUHAN KEPERAWATAN PADA Tn.S DENGAN KETIDAKBERDAYAAN DAN MANAJEMEN LAYANAN KEMITRAAN LINTAS SEKTOR DAN LINTAS PROGRAM DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAUH. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img] Text (KIA FULL)
KIA FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Diabetes Mellitus merupakan suatu penyakit kronis yang mempunyai dampak negatif terhadap fisik dan psikologis penderita. Ganguan psikososial yang dapat terjadi seperti ansietas, stres dan ketidakberdayaan. Kondisi seseorang dengan ketidakberdayaan dapat mengakibatkan rasa putus asa dan tidak mampu melakukan tugas yang biasa dilakukannya. Sementara itu, di RW III terdapat 5 orang pecandu narkoba jenis shabu dan masih aktif hingga saat ini yang berada direntang usia remaja dan dewasa. Community Mental Health Nursing (CMHN) merupakan suatu bentuk pelayanan keperawatan yang komprehensif, holistik dan paripurna berfokus pada masyarakat yang sehat jiwa, rentan terhadap stres dan dalam tahap pemulihan serta pencegahan kekambuhan. Hal yang dapat dilakukan pada penderita yang memiliki penyakit kronis seperti diabetes mellitus dengan ketidakberdayaan adalah dengan melakukan asuhan keperawatan jiwa untuk mengatasi rasa tidak berdaya yang dialaminya. Sedangkan yang dapat dilakukan pada lingkungan yang memiliki warga dengan pecandu narkoba adalah dengan memberikan pendidikan kesehatan tentang bahaya narkoba dan dampaknya bagi kesehatan pada kalangan remaja. Tujuan dari karya ilmiah ini adalah mahasiswa mampu memberikan asuhan keperawatan jiwa komunitas secara komprehensif terhadap klien dengan ketidakberdayaan dan mampu melakukan manajemen layanan kemitraan lintas sektor dengan melakukan pendidikan kesehatan tentang narkoba. Pelaksanaan asuhan keperawatan dilakukan pada tanggal 11 s/d 16 Februari 2019 dan pelaksanaan manajemen layanan kemitraan lintas sektor pada tanggal 10 Februari 2019. Hasil asuhan keperawatan jiwa pada klien dengan ketidakberdayaan adalah klien memiliki kemajuan dalam menangani ketidakberdayaan ditandai dengan klien mampu berfikir positif serta dapat mengembangkan harapan positif yang dimilikinya. Sedangkan hasil penerapan manajemen layanan kemitraan lintas dengan memberikan pendidikan kesehatan tentang bahaya narkoba dan dampaknya bagi kesehatan didapatkan bahwa pengetahuan remaja sebelum dan sesudah diadakannya penyuluhan adalah 81% dan 95%, hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 14%. Disarankan kepada perawat CMHN agar dapat melakukan kunjungan rumah (home care) kepada klien penyakit kronis dengan ketidakberdayaan dan selalu melakukan observasi kepada masyarakat yang memiliki resiko terjadinya gangguan jiwa serta dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat dengan rutin melakukan penyuluhan terkait narkoba dikalangan remaja dengan bekerjasama lintas sektor dan program. Kata Kunci : Diabetes Mellitus, Ketidakberdayaan, Narkoba Daftar Pustaka : 65 (2004-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns.Randy Refnandes, M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 23 May 2019 15:21
Last Modified: 23 May 2019 15:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45539

Actions (login required)

View Item View Item