Adila, Rahmadhani (2023) Efektivitas Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sistem Zonasi Pada Jenjang SMP Negeri di Kota Bukittinggi. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (105kB) |
|
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version Download (397kB) |
|
Text (Bab VI Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version Download (69kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (197kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sistem zonasi pada jenjang SMP Negeri di Kota Bukittinggi. Penelitian ini dilatarbelakangi potret pendidikan di Indonesia yang masih belum teratasi dengan baik dan merata, sehingga pemerintah melakukan upaya berkelanjutan salah satunya dalam proses penerimaan siswa baru berupa program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sistem zonasi, yang mana program ini bertujuan untuk mendorong peningkatan akses layanan pendidikan yang tertuang pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2019. Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sistem zonasi pada jenjang SMP Negeri di Kota Bukittinggi diselenggarakan secara luring atau tatap muka, yang mana dengan cara sistem satu pintu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Efektivitas menurut Robert Duncan yang terdiri dari pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling dan teknik keabsahan data yang digunakan adalah metode triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Efektivitas Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sistem Zonasi pada Jenjang SMP Negeri di Kota Bukittinggi sudah efektif namun masih terdapat kendala. Hal ini disebabkan karena belum tercapainya secara keseluruhan sasaran pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sistem zonasi pada jenjang SMP di Kota Bukittinggi, prosedur pelaksanaan yang pada awalnya terlaksana semestinya, namun diakhir pelaksanaannya masih ditemukan masalah, dan proses sosialisasi yang masih ditemukan kendala.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | 1. Dr. Desna Aromatica, S.AP, M.AP 2. Malse Yulivestra, S.Sos, M.AP |
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sistem Zonasi, SMPN |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | s1 ilmu administrasi negara |
Date Deposited: | 05 Oct 2023 02:23 |
Last Modified: | 05 Oct 2023 02:23 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/455276 |
Actions (login required)
View Item |