FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA MASYARAKAT DI WILAYAH PERIMETER KANTOR KESEHATAN PELABUHAN KELAS III TEMBILAHAN

Arief, Ramdhoni (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA MASYARAKAT DI WILAYAH PERIMETER KANTOR KESEHATAN PELABUHAN KELAS III TEMBILAHAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak-4-1.pdf - Published Version

Download (349kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (45kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-4.pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Arief Ramdhoni_SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Hipertensi merupakan penyakit tidak menular yang menjadi salah satu penyakit penyebab kematian di dunia. Sehingga perlu dilakukan upaya pengawasn kesehatan melalui faktor risiko Hipertensi, adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu mengetahui faktor faktor yang berhubungan dengan kejadian hipertensi pada masyarakat di wilayah perimeter Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas III Tembilahan. Jenis penelitian adalah analitik dengan pendekatan Case Control yang dilakukan pada bulan Maret – Juni tahun 2023 di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Tembilahan dengan menggunakan metode total sampling. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa responden terbanyak adalah perempuan, umur >43 tahun, memiliki riwayat hipertensi, memiliki kebiasaan minum kopi dan merokok, serta responden yang bekerja dengan masa kerja >10 tahun dan beban kerja >8 jam per hari. faktor yang berhubungan dengan kejadian hipertensi yaitu riwayat keluarga (p=0,007, OR: 3,437), riwayat merokok (p =0,004, OR :3,765), jenis pekerjaan (p=0,040, OR : 3,564), sedangkan faktor risiko yang tidak berhubungan yaitu : Umur, jenis kelamin, masa kerja, beban kerja, jadwal kerja, perilaku sedentari, dan kebiasaan konsumsi kopi. Pada penelitian ini faktor risiko yang berhubungan dengan kejadian hipertensi adalah riwayat keluarga, riwayat merokok, dan jenis pekerjaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vivi Triana, S.K.M., M.P.H.
Uncontrolled Keywords: Faktor Risiko, Hipertensi, Kantor Kesehatan Pelabuhan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 26 Sep 2023 02:18
Last Modified: 26 Sep 2023 02:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/455169

Actions (login required)

View Item View Item