Jundri, Andriko (2019) STRATEGI KOMUNIKASI PROMOSI SUSU KAMBING (Studi Deskriptif pada Unit Pengolahan Susu (UPS) Rantiang Ameh, Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam). Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
#COVER & PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1 (Pendahuluan))
1. PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (171kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 5 (Kesimpulan dan Saran))
5. PENUTUP.pdf - Published Version Download (63kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
6. DAPUS.pdf - Published Version Download (101kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk bauran promosi dan strategi komunikasi yang dilakukan UPS Rantiang Ameh dalam mempromosikan produk susu kambing olahanya. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 11 Juni 2018 sampai dengan 19 September 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan metode pendekatan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini sebanyak 10 orang, yang terdiri dari pimpinan dan manajer pemasaran UPS Rantiang Ameh sebagai key informan, 2 orang karyawan dan 6 orang konsumen maupun calon konsumen sebagai informan pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari 3 langkah, yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Teknik pemeriksa keabsahan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, kecukupan referensi dan triangulasi. Hasil penelitian menjelaskan mengenai profil UPS Rantiang Ameh, yaitu berupa: Sejarah berdiri, lokasi, merek dan produk olahan, visi dan misi serta struktur organisasi. Hasil mengenai kegiatan bauran promosi yang dilakukan oleh UPS Rantiang Ameh yaitu berupa: Pengiklanan lewat radio, pengiklanan lewat surat kabar, desain kemasan, penyebaran brosur, pemasangan poster, pemasangan spanduk, pemasangan papan penunjuk, pemberian produk sampel, pameran dagang, presentasi, publikasi melalui media lokal, penerimaan peserta magang, penerimaan kunjungan studi, identitas visual dan penggunaan media sosial. Hasil mengenai strategi komunikasi UPS Rantiang Ameh dalam mempromosikan susu kambing yaitu berupa: Strategi komunikasi pada kegiatan periklanan, strategi komunikasi pada kegiatan penjualan pribadi, strategi komunikasi pada kegiatan hubungan masyarakat dan publisitas serta strategi komunikasi pada kegiatan pemasaran langsung. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Bauran Promosi dan Unit Pengolahan Susu
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Ir. Fuad Madarisa, M.Sc |
Subjects: | S Agriculture > SF Animal culture |
Divisions: | Fakultas Peternakan |
Depositing User: | S1 Fakultas Peternakan |
Date Deposited: | 24 May 2019 11:08 |
Last Modified: | 24 May 2019 11:08 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45380 |
Actions (login required)
View Item |