Pengaruh Pendidikan kesehatan terhadap perilaku pencegahan Tuberkulosis Multidrug-Resisten pada penderita TB Paru di Puskesmas kota Padang tahun 2018

Shinta, Herlina (2019) Pengaruh Pendidikan kesehatan terhadap perilaku pencegahan Tuberkulosis Multidrug-Resisten pada penderita TB Paru di Puskesmas kota Padang tahun 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1 cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
2.BAB I (pendahuluan) .pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 7 penutup)
3.bab akhir (penutup,kesimpulan).pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
4. daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
5.SKRIPSI full text..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tingginya angka kejadian TB-MDR di masyarakat dikarenakan masih kurangnya sosialisasi atau pemberian pendidikan kesehatan tentang TB-MDR. Selama ini pendidikan kesehatan hanya berfokus kepada TB secara umum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perilaku pencegahan TB-MDR pada penderita TB paru di Puskesmas kota Padang tahun 2018. Desain penelitian ini adalah quasi-eksperimen dengan pendekatan pre and post test without control. Data dikumpulkan mulai dari Agustus 2018 sampai Januari 2019. Sampel pada penelitian ini adalah 29 orang penderita TB yang masih berada pada fase pengobatan, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, pendidikan kesehatan diberikan sebanyak 2 sesi dengan media flipchart, booklet dan video. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik T-Test. Hasil penelitian menunjukkan kemaknaanpengetahuan p-value= 0,000(p≤0,05),sikapp-value= 0,000(p≤0,05)dan tindakan minum obat lebih dari sebagian besar (65.5%) teratur minum obat TB, menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian pendidikan kesehatan terhadap perilaku pencegahan TB-MDR pada penderita TB paru. Diharapkan pemberian pendidikan kesehatan tentang perilaku pencegahan TB-MDR lebih ditekankan kemotivasi dan efikasi diri penderita TB paru, dan dalam pemberian pendidikan kesehatandiharapkandapatmelibatkanPMOdanpetugaskesehatansecaraaktif. Katakunci :TBkebalobat,pengetahuan,sikap,tindakanpencegahan DaftarPustaka :43(2008-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Syamsurizaldi, S.IP, SE, MM
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 23 May 2019 11:08
Last Modified: 23 May 2019 11:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45296

Actions (login required)

View Item View Item