ANALISIS INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATA KE PUNCAK LAWANG (STUDI PADA DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN AGAM)

ANNISA, RAHMAN (2019) ANALISIS INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATA KE PUNCAK LAWANG (STUDI PADA DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN AGAM). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATA KE PUNCAK LAWANG (STUDI PADA DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN AGAM) Oleh: Annisa Rahman 1410861010 Pembimbing: Yesi Puspita, S.Sos, M.Si Revi Marta, M.I.Kom Integrated marketing communication adalah sebuah strategi bisnis yang menggabungkan semua elemen bauran pemasaran guna meningkatkan promosi penjualan dan hubungan berkelanjutan dengan pelanggan, karyawan maupun stakeholder. IMC dilakukan oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Agam untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Puncak Lawang. Objek wisata Puncak Lawang merupakan wisata alam dan tujuan destinasi no.1 di Agam yang dikelola langsung oleh masyarakat setempat di bawah pengawasan disparpora selaku pemerintah daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana IMC yang telah dilakukan oleh Disparpora serta peran masyarakat sekitar selaku pengelola objek wisata untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Puncak Lawang. Upaya meningkatkan kunjungan ini dibedah dengan menggunakan model IMC. Metode penelitian adalah deskriptif-kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di objek wisata Puncak Lawang dan kantor Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Agam. Dalam penelitian ini, informan penelitian adalah pihak Disparpora yaitu Bidang Pengembangan dan Promosi Pariwisata, pihak pengelola objek wisata Puncak Lawang, masyarakat sekiar Nagari Lawang, pengunjung dan pengamat pariwisata. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Disparpora melakukan keseluruhan elemen bauran pemasaran pada IMC yaitu advertising, personal selling, sales promotion, interactive/ internet marketing, direct marketing, publisitas/ public relation, word of mouth, event and experiences. Namun dari delapan bauran pemasaran tersebut yang paling optimal adalah internet/ interactive marketing dan juga word of mouth. Selanjutnya yang kurang optimal adalah direct marketing dan sales promotion. Kata Kunci : IMC, Objek Wisata, Puncak Lawang, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yesi Puspita, S.Sos, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 22 May 2019 11:41
Last Modified: 22 May 2019 11:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45077

Actions (login required)

View Item View Item