ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS DENGAN PENERAPAN MEDIA SMARTCARDS DALAM PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG JAJANAN SEHAT UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU SISWA DALAM MEMILIH JAJANAN SEHAT DI SDN 16 ANDURING PADANG

Tusrini, Tusrini (2019) ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS DENGAN PENERAPAN MEDIA SMARTCARDS DALAM PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG JAJANAN SEHAT UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU SISWA DALAM MEMILIH JAJANAN SEHAT DI SDN 16 ANDURING PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak-dikonversi.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutupan)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img] Text (KIA FULL TEXT)
FULL KIA TUSRINI-Watermark(1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Peranan jajanan sangat penting dan memberikan kontribusi yang cukup tinggi dalam asupan gizi dan energi pada anak usia sekolah untuk menunjang pertumbuhan dan prestasi belajarnya. Anak usia Sekolah Dasar masih belum mengerti bagaimana cara memilih jajanan yang sehat, sehingga menimbulkan akibat buruk pada kesehatannya. Salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku tentang jajanan sehat adalah dengan memberikan pendidikan kesehatan. Salah satu media pendidikan kesehatan yang dapat digunakan pada anak usia Sekolah Dasar adalah media smartcards dengan membuat suasan belajar yang menyenangkan dengan permainan kartu untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan pelilaku siswa tenyang jajanan sehat. Pendidikan Kesehatan dilaksankan di SDN 16 Anduring Padang dengan diikuti oleh 24 siswa. Dari hasil pengkajian dan pengumpulan data didapatkan persentase pengetahuan, sikap dan perilaku cukup baik, namun terdapat satu kelas yang persentasenya masih rendah yaitu kelas IV, dimana persentase pengetahuan sebesar 45,83%, sikap sebesar 46,79% dan perilaku sebesar 53,91%. Setelah diberikan pendidikan kesehatan tentang jajanan sehat pada siswa dan dilakukan posttest persentase pengetahuan, sikap dan perilaku meningkat dengan persentase pengetahuan sebesar 89,42%, sikap sebesar 86,21% dan perilaku sebesar 81,66%. Dengan diberikannya pendidikan kesehatan siswa mengetahuai dan mampu mempraktikkan dalam memilih jajanan yang sehat. Kata kunci : Media Smartcards, Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Jajanan Sehat, Siswa Daftar Pustaka : 53 (2002-2019).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Yonrizal Nurdin, S.Kep, M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 May 2019 11:57
Last Modified: 21 May 2019 11:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45015

Actions (login required)

View Item View Item