Analisis Kelelahan Kerja Menggunakan Metode Kuesioner Indusrial Fatigue Research Committee (IFRC) pada Pekerja Area Produksi di PT P&P Lembah Karet Kota Padang

Yasinta, Fitri Azwir (2019) Analisis Kelelahan Kerja Menggunakan Metode Kuesioner Indusrial Fatigue Research Committee (IFRC) pada Pekerja Area Produksi di PT P&P Lembah Karet Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK YASINTA FA.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I YASINTA FA.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB PENUTUP YASINTA FA.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA YASINTA FA.pdf - Published Version

Download (520kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULL TEXT YASINTA FA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat kelelahan kerja dan pengaruh beban kerja, usia, masa kerja, jenis kelamin serta area kerja terhadap kelelahan kerja pada area produksi di PT P&P Lembah Karet Kota Padang. Jumlah pekerja yang dijadikan sampel yaitu 95 pekerja di area produksi, terdiri dari 44 pekerja area basah dan 51 pekerja area kering. Analisis kelelahan kerja secara subjektif menggunakan metode kuesioner Industrial Fatigue Research Committee (IFRC) dan dilakukan pengukuran beban kerja yang dihitung berdasarkan SNI nomor 7269 tahun 2009 tentang Penilaian Beban Kerja berdasarkan Tingkat Kalori menurut Pengeluaran Energi. Kelelahan kerja di area produksi yaitu ringan 26,32%, sedang 72,63% dan berat 1,05%. Beban kerja, usia dan masa kerja berhubungan dan berpengaruh signifikan terhadap kelelahan kerja dengan p-value berturut-turut 0,003; 0,000 serta 0,000. Sementara jenis kelamin dan area kerja tidak berhubungan dan berpengaruh signifikan terhadap kelelahan kerja dengan p-value 0,238 serta 0,365. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan faktor yang paling berpengaruh terhadap terjadinya kelelahan kerja adalah beban kerja. Kata Kunci: beban kerja, usia, masa kerja, jenis kelamin, area kerja, kelelahan kerja, IFRC.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: TAUFIQ IHSAN, MT
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 21 May 2019 09:58
Last Modified: 21 May 2019 09:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45012

Actions (login required)

View Item View Item