ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA NY.M DENGAN KASUS GANGGUAN POLA TIDUR MELALUI PENERAPAN TERAPI BACK MASSAGE PADA LANSIA DI RW I KELURAHAN KOTO PULAI KECAMATAN KOTO TANGAH PADANG 2019

Yaumil, Hidayatil Husna (2019) ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA NY.M DENGAN KASUS GANGGUAN POLA TIDUR MELALUI PENERAPAN TERAPI BACK MASSAGE PADA LANSIA DI RW I KELURAHAN KOTO PULAI KECAMATAN KOTO TANGAH PADANG 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I .pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab penutup)
Bab Penutup.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img] Text (KIA Full)
KIA FULL YAUMIL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Asuhan Keperawatan Keluarga Pada Lansia Ny.M Dengan Kasus Gangguan Pola Tidur Melalui Penerapan Terapi Back Massage Pada Lansia Di Rw I Kelurahan Koto Pulai Kecamatan Koto Tangah Padang 2019 ABSTRAK Berbagai perubahan dan kemunduran yang terjadi pada lansia merupakan suatu proses alami akibat proses penuaan. Salah satu perubahan yang terjadi seiring bertambahnya usia adalah perubahan pada pola tidur. Dalam istilah kesehatan gangguan pola tidur disebut dengan insomnia. Tidur yang tidak adekuat dapat mengakibatkan gangguan fisiologis dan psikologis. Dampak gangguan pola tidur lansia menyebabkan penurunan kemampuan aktivitas sehari-hari, pelupa, menurunnya konsentrasi, rentan terhadap penyakit, cemas, depresi, dan penyakit jantung. Pada lansia kelolaan ditemukan perawatan serta peran keluarga yang belum optimal dalam merawat lansia dengan gangguan pola tidur sehingga diperlukan penanganan dan asuhan keperawatan lebih lanjut. Masalah yang ditemukan yatu gangguan pola tidur pada Ny. M di RW Kelurahan Koto Pulai Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Terapi back massage adalah tindakan massase atau pijatan yang diberikan pada punggung dengan perlahan selama 3-10 menit. Melalui terapi back massage ini akan memberikan efek memperlancar peredaran darah, dapat memberikan efek rileks pada tubuh, menghilangkan stress, menghilangkan rasa lelah dan letih sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur. Tujuan karya tulis ilmiah ini untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan asuhan keperawatan terhadap lansia dengan gangguan pola tidur dengan penerapan terapi back massage. Karya tulis ilmiah ini menggunakan studi kasus dan asuhan keperawatan yang dilakukan menggunakan pendekatan proses keperawatan. Hasil akhir yang didapatkan yaitu terjadinya penambahan pengetahuan klien dan keluarga dan peningkatan skor PSQI dari 12 menjadi 8. Diharapkan dengan ini petugas kesehatan dapat memberikan pelayanan dan pemeriksaan kesehatan dengan optimal pada lansia. Kata Kunci : Lansia, Gangguan Pola Tidur, Terapi Back Massage Daftar Pustaka : 30 (2004-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih, S.Kp., M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 20 May 2019 15:40
Last Modified: 20 May 2019 15:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44988

Actions (login required)

View Item View Item