ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN CARSINOMA RECTI DENGAN APLIKASI TERAPI MUSIK UNTUK MENURUNKAN TINGKAT NYERI DI IRNA BEDAH PRIA RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

INTAN, NIA SOLEHA (2019) ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN CARSINOMA RECTI DENGAN APLIKASI TERAPI MUSIK UNTUK MENURUNKAN TINGKAT NYERI DI IRNA BEDAH PRIA RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img] Text (KIA FULL TEXT)
KIA INTAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Carsinoma recti merupakan penyakit yang sering ditemui pada pasien yang berusia 40 sampai 60 tahun. Tingginya angka kejadian Carsinoma recti menjadi perhatian khusus agar prevalensinya tidak semakin meningkat. Masalah yang sering dialami pasien adalah rasa ketidaknyaman seperti nyeri yang dapat berdampak pada fisik, psikologis, sosial dan spiritual. Nyeri merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan berkaitan dengan adanya kerusakan secara aktual atau potensial, sehingga diperlukan penatalaksanaan nyeri seperti pemberian terapi farmakologis (pereda rasa nyeri) dan non farmakologis. Salah satu tehnik terapi non farmakologis yang dapat diberikan adalah distraksi. Distraksi adalah cara mengalihkan perhatian seseorang agar tidak terfokus pada rasa nyeri. Tehnik distraksi yang dapat diterapkan adalah terapi musik. Berdasarkan evidence based nursing (EBN) terapi musik memiliki pengaruh dalam menurunkan tingkat nyeri. Ketika pasien merasakan alunan musik, tubuh akan merasa rileks dan nyaman. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk memaparkan asuhan keperawatan pada pasien carsinoma recti dengan aplikasi terapi musik untuk menurunkan tingkat nyeri di IRNA Bedah Pria RSUP Dr. M. Djamil Padang. Masalah keperawatan yang muncul pada pasien yaitu nyeri kronis, ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh, resiko perdarahan, perubahan pola eliminasi fekal (inkontinensia defekasi), serta resiko infeksi. EBN pemberian terapi musik dilakukan selama 3 hari dengan penggunaan alat ukur Numeric Rating Scale (NRS). Implementasi terapi musik terhadap masalah nyeri pasien teratasi sebagian dengan penurunan tingkat nyeri dari skala 6 menjadi skala 3. Disarankan kepada rumah sakit untuk memfasilitasi ruangan pasien dengan speaker atau alat pemutar musik sebagai salah satu intervensi untuk mengurangi nyeri pada pasien kanker di IRNA Bedah Pria RSUP Dr. M. Djamil Padang. Kata Kunci : Kanker, Nyeri, Terapi Musik Referensi : 45 (2000 – 2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Leni Merdawati, M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 May 2019 13:59
Last Modified: 21 May 2019 13:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44943

Actions (login required)

View Item View Item