Asuhan Keperawatan Komunitas Melalui Pendidikan Kesehatan Dengan Penerapan Metode Game Based Learning Dalam Upaya Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Mengenai Kekerasan Seksual Di SD Negeri 16 Anduring Kota Padang

M. Agung, Akbar (2019) Asuhan Keperawatan Komunitas Melalui Pendidikan Kesehatan Dengan Penerapan Metode Game Based Learning Dalam Upaya Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Mengenai Kekerasan Seksual Di SD Negeri 16 Anduring Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB penutup kesimpulan)
bab akhir.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img] Text (Karya Ilmiah Akhir Full Text)
fulltext .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Faktor penyebab terjadinya kekerasan seksual pada anak yaitu kurangnya pengetahuan orang tua dan anak mengenai pencegahan kekerasan seksual. Upaya pencegahan kekerasan seksual pada anak yang dapat diberikan yaitu pendidikan kesehatan seksual. Salah satunya dengan menggunakan metode Game Based Learning. Tujuan dari penulisan karya ilmiah ini adalah untuk mengetahui pengaruh Game Based Learning dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap anak mengenai kekerasan seksual. Hasil pengkajian pre test yang didapatkan dari siswa kelas IV yang diikuti oleh 23 orang siswa didapatkan bahwa presentase pengetahuan dan sikap siswa secara umum sudah baik yaitu presentase pengetahuan 75% dan sikap 72.82%. Setelah diberikan pendidikan kesehatan mengenai kekerasan seksual dengan metode Game Based Learning dilakukan post test kembali. Hasil dari post test menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan sikap menjadi 100%. Hal ini menunjukkan bahwa Game Based Learning efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap anak mengenai kekerasan seksual. Hasil karya ilmiah ini diharapkan dapat digunakan perawat ataupun mahasiswa keperawatan dalam memberikan pendidikan seksual pada anak usia sekolah. Kata Kunci : Anak usia sekolah, kekerasan seksual, Game Based Learning Daftar Pustaka : 93 (2000 -2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. YONRIZAL NURDIN, S.KEP., M.BIOMED
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 May 2019 11:59
Last Modified: 21 May 2019 11:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44878

Actions (login required)

View Item View Item