Asuhan Keperawatan pada Ny.R dengan Ansietas dan Manajemen Kasus: Pendidikan Kesehatan pada Penderita Rematik dengan Ansietas di Wilayah Puskesmas Pauh Kota Padang Tahun 2019

Sindy, Rahmawati (2019) Asuhan Keperawatan pada Ny.R dengan Ansietas dan Manajemen Kasus: Pendidikan Kesehatan pada Penderita Rematik dengan Ansietas di Wilayah Puskesmas Pauh Kota Padang Tahun 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
CALON KERTAS WANGI FIXx.pdf - Published Version

Download (856kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA FIXx.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img] Text (tugas akhir full text)
KIA PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS Maret, 2019 Nama : Sindy Rahmawati No Bp : 1841312038 Asuhan Keperawatan pada Ny.R dengan Ansietas dan Manajemen Kasus: Pendidikan Kesehatan pada Penderita Rematik dengan Ansietas di Wilayah Puskesmas Pauh Kota Padang Tahun 2019 ABSTRAK Rematik merupakan salah satu masalah kesehatan yang mengakibatkan penurunan produktivitas penderita dengan masalah psikososial yang mungkin muncul adalah ansietas. Salah satu penanganan untuk menurunkan ansietas adalah teknik relaksasi otot progresif. Adanya penurunan produktivitas mengakibatkan penderita lebih mudah mengalami depresi. Bagi warga penderita rematik, perawat CMHN dapat memberikan pendidikan kesehatan mengenai rematik dan manajemen ansietas karena sering mengeluh kaku sendi dan otot. Tujuan penulisan karya ilmiah ini agar mahasiswa mampu memberikan asuhan keperawatan pada klien dengan ansietas serta mampu menerapkan manajemen layanan CMHN Pilar IV kasus ansietas warga dengan rematik. Pelaksanaan studi kasus dilakukan tanggal 22 Januari-22 Febuari 2019 dengan observasi tanda dan gejala ansietas dan kuesioner Generic Health-Related Quality of Life Instrument Short Form Health Survey (SF–36) untuk mengukur kualitas hidup klien. Manajemen kasus ansietas warga dengan rematik dilakukan diskusi kelompok dengan 10 orang warga tanggal 11 Febuari 2019. Hasil asuhan keperawatan pada klien adanya penurunan ansietas dari sedang menjadi rendah. Adanya pengaruh yang bermakna teknik relaksasi otot progresif terhadap kualitas hidup klien (p value=0,002). Pada pelaksanaan manajemen kasus ansietas warga dengan rematik didapatkan pengaruh yang bermakna pengetahuan warga tentang rematik sebelum dan sesudah diskusi kelompok (p value=0,000). Disarankan perawat CMHN dapat mengimplementasikan pengelolaan kasus kesehatan jiwa kelompok beresiko dan melakukan kunjungan rumah untuk melakukan pembinaan yang berkelanjutan terhadap keluarga dengan rematik yang mengalami kecemasan. Kata Kunci : Rematik, Ansietas, Kualitas Hidup, PMR, CMHN Daftar Pustaka : 78 (1984 – 2017)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Dewi Eka Putri, M.Kep., Sp.Kep.J
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 May 2019 09:04
Last Modified: 21 May 2019 09:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44870

Actions (login required)

View Item View Item