Dewi, Novalinda (2018)HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN KANKER PAYUDARA YANG MENJALANI KEMOTERAPI RSUP.DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas. TAHUN 2018

Novalinda, Dewi (2019) Dewi, Novalinda (2018)HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN KANKER PAYUDARA YANG MENJALANI KEMOTERAPI RSUP.DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas. TAHUN 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover Skripsi.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB V11.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Novalinda Dewi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kanker payudara merupakan masalah paling besar bagi wanita di seluruh dunia dan menyebabkan kematian utama bagi penderita kanker payudara. Keberadaan penyakit dan pengobatan dapat mempengaruhi kondisi fisik maupun psikologis adalah salah satu domain yang menentukan kualitas hidup. Kualitas hidup kanker payudara dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah dukungan keluarga. Kurangnya dukungan keluarga beresiko untuk mengalami keterlambatan pengobatan dalam pemeriksaan ke pelayanan kesehatan dan mempengaruhi tingkat kesembuhan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kualitas hidup pasien kanker payudara yang menjalani kemoterapi di RSUP. Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini menggunakan desain corelation study dengan sampel 40 responden dengan tekni purposive sampling. Analisa Bivariat dilakukan dengan Correlation Person Product Moment. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan signifikan antara dukungan keluarga dengan kualitas hidup pasien kanker payudara berdasarkan kesehatan umum dan skala fungsional dengan kekuatan kuat serta arah korelasi positif (p=0,000, r = 0,742) yang berarti semakin optimal dukungan keluarga maka kualitas hidup semakin baik dan dukungan keluarga dengan kualitas hidup berdasarkan gejala yang dirasakan dengan kekuatan kuat dan arah korelasi negatif (p=0,000, r = -0,773) yang berarti semakin optimal dukungan keluarga maka kualitas hidup pada skala gejala yang dirasakan semakin rendah. Kata Kunci : Dukungan keluarga, kualitas hidup Daftar Pustaka : 50(2008-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Leni Merdawati, M. Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 20 May 2019 11:19
Last Modified: 20 May 2019 11:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44796

Actions (login required)

View Item View Item